ArsipIndonesia Dianggap Gagal Mengindonesiakan Orang Papua

Indonesia Dianggap Gagal Mengindonesiakan Orang Papua

Senin 2015-08-17 23:49:05

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Presiden Mahasiswa Univesitas Sains dan Teknologi Jayapura(Presma USTJ), Papua, Nelius Wenda, mengatakan, hingga saat ini negara Indonesia telah gagal mengindonesiakan orang Asli Papua (OAP) ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Meskipun umur bangsa Indonesia sudah mencapai 70 tahun, namun Indonesia gagal mengindonesiakan orang Papua karena banyak kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Tanah Papua yang belum diselesaikan,” kata Wenda, kepada suarapapua.com, Senin (17/8/2015).

Menurut Wenda, walaupun hari ini Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun yang ke-70, tetapi orang Papua sama sekali tidak merasakan kehadiran bangsa Indonesia di Tanah Papua.

 

“Orang Asli Papua (OAP) bisa merasakan kemerdekaan hanya 1 Desember, sebagai hari kemerdekaan bangsa Papua,” ujarnya.

 

Menurut Wenda, hingga saat ini OAP tetap meminta Indonesia melepaskan dan memberikan kemerdekaan politik kepada bangsa Papua.

 

“Karena itu memang tuntutan OAP, Indonesia membebaskan Papua dari penjajahan, dan memberikan kemerdekaan politik,” katanya.

 

DELPIERO GOBAI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Penghargaan Musik di Eropa untuk Black Brothers

0
Mereka memadukan alat musik tradisional dengan instrumen Barat. Personil Sangguma berjumlah tujuh orang dengan dua kreatornya Tony Subam (East Sepik Province) dan Sebastian Miyoni (Milne Bay Province).

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.