ArsipMenjelang Kedatangan Jokowi, Polisi Tangkap 41 Aktivis KNPB di Jayapura

Menjelang Kedatangan Jokowi, Polisi Tangkap 41 Aktivis KNPB di Jayapura

Sabtu 2016-04-29 21:58:40

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com —  Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat melaporkan, aparat kepolisian gabungan dari Polresta Jayapura dan Polda Papua telah menangkap 41 aktivis KNPB di Jayapura, Jumat (29/4/2016) sore.

“Mereka (41 aktivis KNPB) ditangkap polisi dari Polres Jayapura Kota dan Polda Papua. Lima orang ditangkap di Stadion Mandala dan 36 orang di Jayapura Kota. Mereka ditangkap saat membagikan selebaran untuk aksi nasional yang akan dilakukan KNPB dan rakyat Papua pada 2 Mei mendatang,” jelas Ones Suhuniap kepada suarapapua.com, Jumat malam.

 

KNPB mengklaim, aparat negara yang mengaku diri sebagai penegak hukum sesungguhnya sedang melecehkan nilai-nilai demokrasi yang selama ini diklaim oleh Indonesia.

 

“Kami hanya bagikan selebaran yang isinya tentang informasi demo yang akan dilakukan oleh kami dan rakyat Papua di seluruh Tanah Papua. Tapi polisi hanya main tangkap tanpa alasan. Kebebasan berkekspresi itu dijamin oleh konstitusi Indonesia. Tetapi dorang sendiri yang perkosa. Dan kami sedang ajar cara demokrasi yang baik,” tegas Ones Suhuniap, sekretaris umum KNPB.

 

Bazoka Logo, juru bicara KNPB Pusat membenarkan adanya penangkapan itu. Menurutnya, penangkapan itu sudah biasa. Bahkan gaji seorang aktivis di Papua sudah pasti ditangkap, dipenjarakan atau ditembak mati.

 

“Benar. 40-an aktivis KNPB sudah ditangkap waktu bagi-bagi selebaran aksi. Dan kami sudah tahu resikonya. Walaupun begitu, kami rakyat Papua sedang mengajarkan nilai-nilai dan cara demokrasi yang baik dan santun kepada Indonesia. Indonesia masih belum paham dan tahu demokrasi,” kata Bazoka.

 

Sementara itu, Agus Kossay, ketua I KNPB Pusat yang ikut ditangkap saat bagi-bagi selebaran, melalui akun facebooknya menyampaikan terimakasih atas dukungan rakyat Papua, sehingga dirinya bersama puluhan aktivis KNPB yang ditangkap dan ditahan selama beberapa jam di Polres Jayapura Kota sudah dibebaskan.

 

“Terima kasih kepada seluruh rakyat West Papua yang mendukung kami dalam doa, sehingga 41 orang aktivis KNPB yang ditangkap sudah bebas malam ini. Tolong teruskan kepada semua keluarga agar jangan salah terjemahkan,” tulisnya.

 

Berikut adalah nama-nama aktivis KNPB yang ditangkap di Jayapura Kota: Agus Kosay, Chobabe Wanimbo, Gideon, Sony Meage, Adii, Matias Mabel, Epi Wopi, Desman Wenda, Lasker Keroman, Sekius Dapla, Mandela Suu, Regina Wenda, Oca Wetipo, Ribka Komba, Arius Kogoya, Anis Wanimbo, Mama Sara Tabuni, Pretinus Lintamon, Melki Tabuni, Alex Balingga, Jek Salla, Soni Meage, Dolia Uburuangge, Yanus Silak, Obabe Wanimbo, Itoni Bahabol, Beni Yatipai, Rekanus Kerebe, Asap Lintamon, Wendanack Arim, Ben Tabuni, Ben Hisage, Sam Lokon, Yesep Degey, Daniel Nawipa, Deki Gobay, Lascar Amohoso, Alo Yeimo, Simon Boma, Edo Bahabol.

 

 

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

KKJ PB-PBD Kecam Tindakan Arogan Oknum TNI AL Terhadap Para Jurnalis...

0
“Wartawan memiliki hak dan mendapatkan perlindungan hukum dalam hal sedang menjalankan fungsi, hak, kewajiban dan perannya yang dijamin Pasal 8 Undang-undang Pers. Perlindungan hukum itu dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat,” ujar Safwan Ashari.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.