ArsipBadan Pengurus KNPB Baru Telah Dilantik

Badan Pengurus KNPB Baru Telah Dilantik

Rabu 2012-08-01 10:46:00

 

KLB sendiri di langsungkan di Timika, Papua, pada tanggal 18 – 21 Juni 2012, dengan menghadirkan peserta kurang lebih 200 orang dari semua wilayah di tanah Papua.

Sedangkan rapat akbar KNPB dalam rangka revitalisasi agenda dan reformasi internal telah berlangsung diatas tanah Tabi, pada tanggal 25-28 Juli 2012.

Rapat akbar ini dihahadiri oleh seluruh pengurus wilayah KNPB bahkan Konsulat Indonesia, serta anggota KNPB Pusat telah membahas dan memutuskan program fokus organisasi dan politik KNPB, juga berhasil mereview KLB di Timika, dan menetapkan Badan Pengurus Pusat KNPB yang baru.

Dalam pertemuan ini, seluruh pimpinan wilayah bersama anggota KNPB Pusat menyepakati program politik hasil Kongres I KNPB lalu, yaitu referendum sebagai satu-satunya agenda politik yang harus dilanjutkan dan diwujudkan dalam tahapan real dalam rangka menyelesaikan masalah Papua Barat secara damai, demokratis dan final.

Dalam prosesi pelantikan yang dihadiri tokoh-tokoh masyarakat, gereja, perwakilan organ-organ gerakan serta perwakilan Parlemen Nasional West Papua yang berlangsung selama 3 jam berjalan aman dan lancar.

Kegiatan pelantikan diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Pdt.  Marthen Su, dilanjutkan dengan pembacaan SK  Pelantikan, Serah Terima Jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru.

Sesuai dengan hasil KLB di Mimika tanggal 18-21 dan dilanjutkan dengan Rapat Akbar, maka BPP KNPB yang berhasil mengangkat Ketua Umum KNPB Victor F. Yeimo menggantikan posisi Buchtar Tabuni yang kini menjabat sebagai Ketua Parlemen Nasional West Papua (PNWP), serta Agus Kossay sebagai Wakil Ketua KNPB menggantikan Alm. Mako Tabuni yang tewas ditembak peluruh penjajah.

Sedangkan posisi Sekretaris Umum digantikan oleh Ones Suhuniap menggantikan Agus Trapen, serta Juru Bicara Nasional diduduki oleh Rocky Metlama. Juga dilengkapi Ketua-ketua Komisariat dan bidang-bidang kerja KNPB lainnya.

Acara yang bertema “Bangkit Bagi Negeri” tersebut kemudian dilanjutkan dengan doa pemberkatan terhadap badan pengurus baru yang terpilih.

Acara yang berlangsung meriah ini dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Tokoh Gereja, Perwakilan TPN.OPM, Perwakilan PNWP serta orasi pembuka dari Ketua KNPB terpilih. Selanjutnya, acara ditutupi dengan makan barapen bersama.

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hilirisasi Industri di Indonesia: Untung atau Buntung bagi Papua?

0
Pertanyaan bagi pemimpin negara yang sedang mendorong hilirisasi: apakah kebijakan hilirisasi memberikan untung atau buntung (rugi) bagi Papua?. Jika kita berkaca dari pengalaman selama ini, hasil kekayaan alam dikeruk secara besar-besaran dari Tanah Papua, tetapi tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Papua.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.