ArsipAtasi Miras dan HIV/AIDS, Ini Kesepakatan Gubernur dan Enam Bupati di Wilayah...

Atasi Miras dan HIV/AIDS, Ini Kesepakatan Gubernur dan Enam Bupati di Wilayah Mee-Pago

Senin 2014-11-17 23:38:14

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, bersama enam bupati di Wilayah adat Mee-Pago, Senin (17/11/2014) siang, menandatangani surat kesepakatan untuk memberantas Minuman Keras (Miras), dan penanggulangan penyakit HIV/AIDS di wilayah adat Mee-Pago.

Dihadapan ribuan warga dari enam Kabupaten, Bupati Nabire Isaias Douw, Bupati Deiyai Dance Takimai, dan Bupati Paniai Hengky Kayame menandatangani sebuah kesepakatan, yang disaksikan juga oleh Gubernur.

 

Gubernur Lukas Enembe sendiri membubuhkan tanda tangan usai ketiga Bupati menandatangani surat tersebut. Sedangkan, tiga Bupati lainnya, Bupati Intan Jaya, Bupati Mimika, dan Bupati Dogiyai tampak tidak hadir dalam penandatangan surat kesepakatan tersebut.

 

"Saya mendukung kesepakatan ini, para Bupati harus bersatu dan selamatkan masyarakat kita," ujar Gubernur, usai menandatangani kesepakatan dalam Mubes yang digelar di Aula Paroki Kristus Raja, Siriwini, Nabire, Papua.

 

Ketua Panitia Mubes, Pastor Nato Gobay mengungkapkan, pihaknya akan mendekati tiga Bupati yang belum menandatangani kesepakatan tersebut.

 

"Kalau mereka sayang masyarakatnya, maka mereka harus tanda tangan dan jalankan kesepakatan ini bersama-sama, kami akan minta mereka tanda tangan," kata Pastor Nato.

 

Berikut kesepakatan para Bupati Wilayah Mee-Pago Provinsi Papua:

 

Pada hari Senin, Tujuh Belas November Dua Ribu Empat Belas di Gereja Katolik Kristus Raja Siriwini Kabupaten Nabire, kami yang bertanda tangan di bawah ini bersepakat bersama bahwa:

 

SATU: Kami para Bupati siap dan bersedia membrantas penyakit sosial masyarakat minuman keras dan HIV/AIDS di Wilayah Adat Meepago, 6 Kabupaten di Provisni Papua.

 

DUA: Kami para Bupati bersama masyarakat di Kabupaten kami masing-masing akan menerapkan sebagai program prioritas utama, termasuk mem-Perda-kan di daerah dalam rangka menyelamatkan masyarakat adat di wilayah adat Meepago, 6 Kabupaten Provinsi Papua.

 

TIGA: Kami para Bupati siap dan bersedia menerima hasil keputusan Musyawarah Besar ini untuk dilaksanakan di Kabupaten kami masing-masing,

 

Demikian kesepakatan ini kami buat dengan sepenuh hati untuk mewujudkan Visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

 

Keputusan ini kami buat dan disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, Alam Papua, dan Masyarakat Papua, semoga Tuhan menolong kita yang bersepakat.

 

Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos

 

Bupati Paniai, Hengky Kayame, S.H.

 

Bupati Deiyai, Dance Takimai, A.Ks

 

Bupati Dogiyai, Drs. Thomas Tigi

 

Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, S.S., M.Si

 

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

 

Mubes pertama pencegahan Minuman Keras (Miras) dan penanggulangan HIV/AIDS yang digelar oleh para tokoh intelektual asal wilayah adat Mee-Pago ini rencananya berakhir pada 20 November 2014 mendatang. 

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Demi Sinergitas Penyelenggaraan Pilkada Deiyai Tahun 2024, KPU dan Polres Teken...

0
Melalui kerjasama yang sinergis, diharapkan masyarakat kabupaten Deiyai dapat berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi yang berlangsung penuh kondusivitas untuk memilih bupati dan wakil bupati kabupaten Deiyai periode 2024-2029.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.