ArsipBangun Smelter di Gresik, Freeport Dinilai Tak Punya Niat Bangun Papua

Bangun Smelter di Gresik, Freeport Dinilai Tak Punya Niat Bangun Papua

Senin 2015-10-19 06:29:53

JAKARTA, SUARAPAPUA.com — PT. Freeport Indonesia dinilai tidak punya niat baik membangun Papua karena tak membangun smelter di Timika, Papua, sesuai tuntutan Gubernur Provinsi Papua, dan masyarakat Papua.

“Masyarakat Papua mengharapkan pemerintah mengambil langkah tegas terhadap Freeport karena tak membangun smelter di Timika,” ujar Jhon Kabey, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Papua, seperti dilansir merdeka.com, Minggu (18/10/2015).

 

Menurut Kabey, smelter seharusnya dibangun di Papua sesuai permintaan pemerintah, baik pusat dan daerah, termasuk masyarakat asli Papua.

 

“Perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut harus mempersiapkan segala sesuatu, termasuk Sumber Daya Manusia dan pelabuhan termasuk pengadaan listrik untuk pembangunan smelter di Papua.”

 

“Jadi, kalau mau serius membangun Papua, buktikan smelter di Papua, bukan di Gresik. Kalau perlu secepatnya dilaksanakan,” tegas dia.

 

Sebelumnya, Direktur Utama PTFI, Maroef Sjamsoeddin ngotot akan membangun smelter di Gresik Jawa Timur, dengan segala pertimbangan, salah satunya karena infrastruktur pendukungnya sudah tersedia.

 

Rencana ini ditentang DPR. Dengan alasan agar tercipta multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah pertambangan, maka Freeport wajib membangun pabrik pengolahan di Papua.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hilang 17 Hari, Anggota Panwaslu Mimika Timur Jauh Ditemukan di Potowaiburu

0
“Adik ini hilang selama dua minggu lebih. Begitu dapat kabar, semua keluarga besar suku Mee langsung berkumpul dan ada tunggu di rumah,” jelas Dogopia.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.