ArsipDuwitau : Kantor LEMASMOS Akan Segera Diresmikan

Duwitau : Kantor LEMASMOS Akan Segera Diresmikan

Rabu 2013-03-06 13:58:30

PAPUAN, Timika— Peresmian kantor baru Lembaga Musyarawah Adat Suku Moni Selatan (LEMASMOS) yang berlokasi di Komplek SP-2, Timika, Papua, rencananya akan dilangsungkan, Jumat (8/3/2013) mendatang, dan akan dihadiri oleh perwakilan pemerintah, PT Freeport Indonesia, serta masyarakat sekitar.

“Lembaga ini sudah berdiri lama, tetapi sejak ketua lembaga ini meninggal dunia di tahun 2005, lembaga ini tidak berjalan lagi, kami sepakat untuk kembali menjalankan aktivitas lembaga ini,” ujar Jery Duwitau, salah satu pengurus Lemasmos.

Dikatakan, lembaga ini didirikan oleh masyarakat Moni Selatan, dan pada umumnya hidup dan menetap di perbatasan 3 kabupaten yaitu, Paniai, Intan Jaya dan Mimika.

“Hak-hak masyarakat sering diabaikan, maka kami akan berbicara kepada perusahaan dan pemerintah untuk segera memprogramkan pembangunan daerah perbatasan agar masayarakat Moni Selatan bisa merasakan pembangunan,” tambah Duwitau.

Selain itu, lanjut Duwitau, tujuan utama dari lembaga tersebut adalah untuk melindungi, manjaga, merawat dan melestarikan konvensi wilayah adat orang Moni, baik orang Moni dari Kabupaten Paniai, Intan Jaya maupun yang berdomisili di wilayah selatan, yakni Distrik Dumadama dan sekitarnya.

“Dalam kesempatan tersebut akan ada pembahasan tentang nasib beberapa kampung di perbatasan ketiga Kabupaten tersebut,” tutup Duwitau.

ARNOLD  BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pelajar dan Mahasiswa Papua di Salatiga Sukses Hadirkan HIPMAPA

0
“Tanggal 9 Februari 2024 menjadi hari bersejarah bagi pelajar dan mahasiswa Papua di Salatiga yang merindukan organisasi mahasiswa proaktif yang mampu menyesuaikan perkembangan arus globalisasi dan dapat membantu perkembangan generasi muda Papua melalui organisasi HIPMAPA,” kata Ikris W Yamhin.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.