ArsipKapolri Lantik Brigjend Paulus Waterpauw Sebagai Kapolda Papua Barat

Kapolri Lantik Brigjend Paulus Waterpauw Sebagai Kapolda Papua Barat

Jumat 2015-01-09 22:09:00

JAKARTA, SUARAPAPUA.com — Kapolri Jenderal Sutarman, pagi tadi resmi melantik Brigjen Boy Rafli Amar sebagai Kapolda Banten, dan Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Papua, Brigjen Paulus Waterpauw, sebagai Kapolda Papua Barat.

Dikutip dari beritasatu.com, upacara Sertijab yang dihadiri oleh sejumlah perwira tinggi dan menengah Polri, serta Bhayangkari itu dimulai tepat pukul 07.30 WIB.

"Perlu saya ingatkan sumpah yang saudara lakukan disaksikan yang hadir di sini dan Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika saudara melanggar sumpah ini, maka bersediakan saudara menerima konsekuensi dunia akhirat," kata Sutarman, Jumat (9/1/2015).

Sumpah dilakukan dengan cara Islam untuk Boy, dan Kristen Protestan untuk Paulus. Sumpah berisi tentang ketaatan pada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.

"Untuk menaati peraturan perundang-undangan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, menjunjung tinggi kehormatan negara dan Polri serta senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara dibanding kepentingan saya sendiri, kelompok, atau golongan," kata Sutarman yang diikuti oleh keduanya.

Sumpah juga berisi soal janji untuk tidak melakukan KKN dan gratifikasi dari siapapun juga yang patut diduga untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kewajiban dan jabatan.

Seperti diberitakan, penunjukkan Paulus terungkap dalam Surat Telegram/2525/XII/2014 tertanggal 19 Desember 2014.

Dalam surat itu, posisi Paulus sebagai Wakapolda Papua diganti oleh Komisaris Besar (Kombes) Polisi Rudolf Alberth Rodja yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Tengah.

Polda Papua Barat yang berada di Manokwari itu akan membawahi sembilan Polres yang kebanyakan berada di wilayah pesisir pantai perairan Barat Daya Papua.

Sembilan wilayah itu meliputi Polres Kaimana, Polres Fakfak, Polres Manokwari, Polres Sorong Kota, Polres Aimas, Polres Sorong Selatan, Polres Raja Ampat, Polres Bintuni,dan Polres Teluk Wondama.

Mapolda Papua Barat akan menempati bekas bangunan Pemerintah Kabupaten Manokwari. Bangunan itu selama ini masih ditempati tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tengah dalam proses pemindahan.

Penggunaan gedung itu telah disetujui oleh Gubernur Provinsi Papua Barat, Abraham Octavianus Atuturi.

Untuk sementara, dalam operasional Polda Papua Barat, akan ada sekitar 130 personel dari Polda Papua untuk bergeser ke Papua Barat.

Dalam telegram itu juga mengatur soal Kombes Imam Margono, Kabag SDM Korbrimob, sebagai Wakapolda Papua Barat.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

PBB Memperingatkan Dunia yang Sedang Melupakan Konflik Meningkat di RDK dan...

0
"Rwanda melihat FDLR sebagai ancaman besar bagi keamanannya. Tentara Kongo berkolaborasi dengan FDLR, yang membuat Kigali marah,” kata Titeca.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.