ArsipLibas Persma Manado 1960 3-0, Persintan Intan Jaya Juara Grup VI Liga...

Libas Persma Manado 1960 3-0, Persintan Intan Jaya Juara Grup VI Liga Nusantara

Jumat 2014-11-14 10:52:15

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Target Persintan Intan Jaya lolos ke Zona Nasional Liga Nusantara 2014 dibuktikan dengan kemenangan telak atas Persma Manado 1960, Kamis (13/11/2014) sore di Stadion Mandala, Jayapura.

Tiga gol diborong Junaidi Zonggonau Dkk dalam laga pamungkas babak 24 Grup VI. Tiga gol bagi Persintan Intan Jaya dicetak Eko Zagani di awal babak pertama, Boas Karma dan Yosman Kogoya pada babak kedua.

 

Dengan hasil ini, Persintan memimpin klasemen akhir babak 24 grup VI. Didampingi Kaimana FC sebagai runner-up, melaju ke babak 12 besar yang rencananya akan digelar pekan depan. (Baca: Persintan Intan Jaya Ingin Tahun Depan Main di Divisi Utama)

 

Sesuai keputusan PSSI, di grup VI seharusnya empat tim bertanding. Hanya, jelang kick off, Persidago Gorontalo batal ke Jayapura. Kabarnya, tim asal Sulawesi Utara itu dililit masalah finansial.

 

Persma Manado 1960, juga dari Sulawesi Utara, gagal meraih satu tiket ke putaran nasional sesuai target pengurus, bahkan Pemerintah Kota Manado.

 

Pelatih Persma, Arifin Adrian mengaku kecewa dengan kegagalan ini. Menurut dia, pemain tak mampu memaksimalkan sejumlah peluang bagus di area pertahanan tim Persintan.

 

Tim sepakbola kebanggaan warga Kota Manado ini harus pulang dengan kecewa ke Kota Nyiur Melambai.

 

Selebihnya, tim Persma menyampaikan selamat kepada Persintan yang memenangkan laga ini bahkan juara grup dan mewakili wilayah Timur ke fase nasional.

 

Kemenangan tim Badai Carstensz -julukan Persintan Intan Jaya- disambut gembira suporter yang selama dua kali pertandingan, memberi dukungan langsung di Stadion Mandala Jayapura.

 

“Puji Tuhan, adik-adik sudah bermain baik dan kita lolos ke tingkat nasional. Semua ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, amakanie,” kata pengurus Persintan Intan Jaya, Neno Tabuni, kepada suarapapua.com usai pertandingan.

 

“Kita akan masuk latihan lagi untuk bertanding di babak nasional,” ujar Pelatih Kepala Persintan, Junaidi Zonggonau didampingi asisten pelatih, Jack Kobogau, Yance Keiya dan Yulianus Pakage.

 

Sambutan hangat diperlihatkan Manajer Persintan, Yakobus Labene, usai timnya melibas Persma Manado. Ia bahkan melaporkan langsung hasil pertandingan kepada Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, yang juga Ketua Umum Persintan.

 

“Kita menang 3-0, kita juara grup dan sudah pasti lolos ke putaran berikut,” lapor Labene melalui telepon seluler dari pinggir lapangan Mandala Jayapura.

 

“Ini satu sejarah bagi persepakbolaan Kabupaten Intan Jaya yang baru dimekarkan lima tahun lalu,” puji Labene kepada 28 pemain yang rata-rata berusia muda.

 

Prestasi Persintan Intan Jaya di kompetisi resmi yang dihelat PSSI, cukup mentereng.

 

Lihat saja, berhasil mewakili Papua ke tingkat regional pada kompetisi U-21 Divisi III tahun 2013 hingga bermain di grand final, Sabtu (25/1/2014), meraih juara dua setelah dikalahkan Perseba Bangkalan di Stadion Ciracas Jakarta.

 

Empat bulan kemudian, berlaga di babak kualifikasi Liga Nusantara 2014, tim yang diperkuat anak-anak muda Intan Jaya ini tampil memukau atas lawan-lawannya. Merebut juara satu dari 10 tim yang bertanding, Persintan lolos sebagai wakil Provinsi Papua di babak 24 besar.

 

Menjamu dua tim tamu -Kaimana FC dan Persma Manado 1960- di babak 24 besar, trend positif masih terus ditorehkan Persintan: juara grup.

 

MARY

Terkini

Populer Minggu Ini:

Manajemen PSBS Biak Kontrak Pelatih Anyar Mantan Pemain Real Madrid

0
"Sudah kami pastikan, Juan Esnaider adalah pelatih PSBS Biak. Dia pelatih berpengalaman. Kami yakin pelatih kepala yang baru ini akan berkontribusi buat tim Badai Pasifik tetap eksis di kompetisi Liga 1 nanti," kata Mandenas menjawab konfirmasi Suara Papua, Senin (13/5/2024) siang.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.