ArsipMahasiswa Jayawijaya Tolak Kosongkan Asrama Nayak

Mahasiswa Jayawijaya Tolak Kosongkan Asrama Nayak

Jumat 2015-07-31 13:15:27

JAYAPURA,SUARAPAPUA.com — Rencana Pemerintah Daerah Jayawijaya untuk membongkar asrama Nayak I, dan membangun yang baru mendapat penolakan dari mahasiswa.

“Saat kami demo di kediaman bupati, permohonan dan proposal yang kami naikan adalah bagaimana pemerintah memperhatikan kebutuhan mahasiswa yang kuliah di Uncen dan sekitar Abepura,” kata Yusep Meage, ketua Asrama Nayak I, di Kamkey, kepada wartawan suarapapua.com, Jumat (31/7/2015).

 

Dikatakan, mahasiswa tidak minta pembongkaran asrama, melainkan perbaikan dan melengkapi kebutuhan asrama.

 

Terkait Asrama baru sendiri, lanjut Meage, bisa dibangun di Sentani, Entrop dan Jayapura, bukan di sekitar Abe, karena tidak dibutuhkan.

 

“Jadi yang pemerintah taruh surat melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Yohanes Walilo untuk kosongkan asrama itu tidak benar, kalau dia anggap kami sebagai aset dari Jayawijaya datang baru kita diskusi sama-sama dan bisa mendapatkan solusi.”

 

“Pake surat memangnya kami ini dari mana dan yang harus pemerintah tahu adalah asrama ini asrama yang paling tua di kota Jayapura khususnya dari pengunungan,” ujar Meage.

 

Lebih lanjut Meage mengatakan, merupakan sebuah pelecehan yang dilakukan dari Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, karena mahasiswa tidak pernah menaikan permohonan untuk bongkar asrama ini.

 

“Yang kami minta untuk rehap dan melengkapi kekurangan, bukan yang pemerintah bilang ini, jadi kami benar-benar dengan sikap tegas menolok rencana itu,” kata sekretaris Melianus Asso.

Sementara itu, Aderik Lokobal, salah satu senioritas mengatakan, Pemda yang mempunyai kekuasaan harus melindungi dan mengasihi karena mahasiswa bagian dari aset Jayawijaya.

 

Sebelumnya, Sekda mengatakan, jika hingga tanggal 3 Agustus mahasiswa belum juga mengosongkan asrama, maka Pemda akan turun dan mengusir secara paksa untuk selanjutnya melakukan pembangunan asrama yang tingginya hampir lima lantai itu.

“Ini karena anggaran sudah cair untuk membongkar dan membangun ulang Asrama Nayak 1,” kata Walilo.

 

ARDI BAYAGE

Terkini

Populer Minggu Ini:

Non OAP Kuasai Kursi DPRD Hingga Jual Pinang di Kota Sorong

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Ronald Kinho, aktivis muda Sorong, menyebut masyarakat nusantara atau non Papua seperti parasit untuk monopoli sumber rezeki warga pribumi atau orang...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.