BeritaRiko Ayeri, Dua Tahun Mengabdi di Pustu Tabamsere Tanpa Perhatian Pemkab Tambrauw

Riko Ayeri, Dua Tahun Mengabdi di Pustu Tabamsere Tanpa Perhatian Pemkab Tambrauw

TAMBRAUW, SUARAPAPUA.com — Riko Ayeri, tenaga kontrak Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw Papua Barat, mengaku seorang diri mengapdi di Pustu Tabamsere, distrik Willem Rombouts selama 2 tahun.

“Saya sudah 2 tahun tanpa ada teman-teman dan juga kepala Pustu. Memang ada satu orang teman, tetapi sudah 2 tahun tidak datang di tempat tugas,”ujar Riko Ayeri ketika di temui suarapapua di Tabamsere belum lama ini.

Ia mengakui dirinya mengali banyak kendala dalam pelayanan di Tabamsere, terutama karena tidak didukung dengan sarana penunjang yang memadai. Hal ini terjadi karena tidak adanya peninjauan dari Dinas Kesehatan Tambrauw.

Baca Juga:  Siswa SMKN 1 Paniai Lulus Dengan Nilai Memuaskan, Kepsek: Kami Bangga

“Banyak sekali kendala yang di hadapi, seperti untuk mencapai Puskesmas di distrik Miyah harus berjalan kaki menempuh jarak sekitar 15 km. Kesana hanya untuk mengambil stok obat jika habis, bahkan untuk merujuk pasien pun sangat sulit, karena tidak ada kendaraan, dinas kesehatan juga jarang turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi di lapangan,” keluh Ayeri.

Baca Juga:  ULMWP Kutuk Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Sementara itu, Mario, salah satu masyarakat kampung Ataf Mafat, distrik Willem Rombouts menyatakan bahwa di daerah ini tidak ada petugas kesehatan yang melayani seperti yang dilakukan Ayeri.

Oleh sebab itu katanya, pihaknya bangga dan senang kepada Ayeri yang selalu membantu warga dalam pelayanan kesehatan.

“Dia sendiri tapi betah. Ini hal yang baik dan wajib di contohi oleh seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Tambrauw,” kata Mario.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

Selain itu ia minta kepada Pemkab Tambrauw untuk memberikan perhatikan khusus kepada pegawai yang benar-benar mengabdi untuk masyarakat Tambrauw.

“Harus ada perhatian lebih dari Pemerintah Tambrauw, lebih khusus Dinas Kesehatan Tambrauw untuk memperhatikan mereka yang bertugas di daerah-daerah yang sulit di jangkau,” tutup Mario.

 

Pewarta: Reiner Brabar

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

LBH Papua Soroti Penangkapan Pelajar dan Interogasi Guru Akibat Mencoret Pakaian...

0
Kapolri segera perintahkan Kapolda Papua agar mendidik anak buahnya untuk tidak menggunakan stigma bendera Bintang Kejora sebagai dasar tindak kriminalisasi maupun melegalkan tindakan pelanggaran hukum terhadap pelajar maupun warga masyarakat Papua.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.