BeritaAbock Busup Akan Gandeng BRI Dorong Ekonomi Kerakyatan

Abock Busup Akan Gandeng BRI Dorong Ekonomi Kerakyatan

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Abock Busup, Paslon Bupati Kabupaten Yahukimo nomor urut 2 resmikan Posko Halabok di Dekai Yahukimo dan menegaskan bahwa jika menang akan mendorong ekonomi kerakyatan pada, Selasa (27/10/2020).

Posko Halabok merupakan salah satu Posko dari (17) Posko di ibu kota Kabupaten Yahukimo di Dekai.

Abock Busup mengatakan periode pertama telah dikerjakan dan akan dilanjutkan pada periode ke dua sesuai tema periode pertama, yaitu Yahukimo bangkit mandiri.

“Sebenarnya kebangkitan ini sudah ada dan masyarakat kita sekarang semakin hari semakin bagus. Nah, kedepan bisa jadi mandiri ini terutama dalam bidang ekonomi,” kata Abock di kompleks Lani di Dekai.

Untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan kata Abock, pihaknya akan gandeng Bank BRI untuk memberiakn kredit modal usaha kepada masyarakat. Dalam program ini masyarakat harus rajin untuk menyetor dana sesuai prosedur dan kriteria yang ditetapkan bank. Pemerintah juga bangun Bioplok yang dikelola masyarakat asli.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

“10 kelompok yang kita coba lagi yaitu ikan yang bisa 3 bulan panen. Itu lebih efektif. Orang dari luar Papua tidak boleh lagi bikin Bioplok, tapi mereka beli di warung-warung saja. Sehingga itu bisa masyarakat konsumsi ikan-ikan segar,” jelasnya.

Ia berharap dalam hal kemajuan ekonomi untuk perlu disosialisasikan kepada OAP untuk buka usaha kios, toko dan hasil tani. Jadi warga wajib belanja di usaha masyarakat sendiri.

“kita perlu sosialisasi, supaya kita wajib pilih orang kita yang usaha untuk beli dan makan. Semua dari orang kita. Sehingga otonomi khusus itu bisa nampak dan tingkat perekonomian di sini juga bisa nampak.”

Baca Juga:  DPC PDIP Tolikara Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

“Kedepan kita mendorong kemandirian, kebangkitan. Itu yang kita dorong supaya ujungnya bisa menuju kesejahteraan. Ini yang kita dorong supaya lebih bagus. Saat ini kita angkat tema Yahukimo rumah kita bersama. Tujuannya ke sana,” jelasnya.

Ia pun menargetkan, jika dilihat dari 17 Posko kemenangan yang ada di Dekai, ibu kota Yahukimo, maka minimal akan merebut 6 ribu suara dari 9 ribu DPT di Dapil satu.

“Semakin hari Posko kita sudah bagus, berarti di sini membuktikan bahwa semakin ada kepercayaan dari masyarakat. Sehingga dari 9 ribu ini kita bisa dapat 6 ribu. Itu sudah pas, karena dari 310 ribu suara di Kabupaten Yahukimo,” jelasnya.

Weo Jigibalom, kepala suku Lani di Yahukimo menyatakan, pihaknya di kabupaten Yahukimo ada 7 suku asli dan 5 sub suku yang berbeda bahasa dan budaya, dimana Yahukimo aman, damai, dan sejahtera.

Baca Juga:  Kadis PUPR Sorsel Diduga Terlibat Politik Praktis, Obaja: Harus Dinonaktifkan

“Dari dulu, dari pemilihan ke pemilihan tidak perna baku tengkar, tapi kami pemilihan biasa. Aman-aman saja, tidak seperti kabupaten lain. Saya tidak tahu tapi Yahukimo luar biasa. itulah mau Tuhan,” ujar Weo.

Weo mengajak seluruh sub suku agar menyukseskan Pilkada 2020 tanpa masalah san menjadikan Yahukimo sebagai teladan bagi daerah lain.

“Saya mohon supaya khusus kami dari Lani jadi contoh yang baik di kabupaten ini. Maksudnya saat pemilihan jangan bawah cara-cara dari daerah-daerah lain punya. Tidak boleh jadi politik ini hal-hal biasa saja,” tukasnya.

 

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.