ADVERTORIALBupati Dogiyai Akui Kerja Keras Para Kepala OPD

Bupati Dogiyai Akui Kerja Keras Para Kepala OPD

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Harapan Bupati Yakobus Dumupa menyiapkan setiap aparatur sipil negara (ASN) di kabupaten Dogiyai mulai dibuktikan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dalam pelaksanaan program kerja.

Satu bukti diperlihatkan para pimpinan OPD adalah kerja sama, kerja keras dan kerja cerdas selama beberapa pekan terakhir menginput data program dan penganggaran tahun anggaran 2021 melalui aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD).

“Memang selama ini ada satu hal yang saya perintahkan agar wajib dilakukan oleh para ASN adalah kerja sama, kerja keras dan kerja cerdas. Dalam kaitan ini para kepala OPD wajib bertanggungjawab untuk membina, mendidik dan mengajar atau dengan kata lain mengkaderkan para bawahannya,” kata Dumupa, Minggu (31/1/2021) pagi.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

Mengingat pentingnya kerja sama, kerja keras dan kerja cerdas sebagai kunci kesuksesan, Bupati Dogiyai akui hal itu sedang dilakukan untuk mencapai target dan sasaran prioritas pemerintah daerah.

“Ini bagian dari upaya membangun manusia yaitu aparatur penyelenggara pemerintahan, sebuah upaya penting yang sebelumnya diabaikan,” jelasnya.

Tentu tak mudah untuk menciptakan hidup yang lebih baik melalui proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan masyarakat. Sebab menurut Dumupa, ini butuh kecerdasan (intelektual, emosional dan spiritual), juga proses, dan waktu.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

“Tetapi mau dan mulai adalah langkah penting untuk meraih keberhasilan. Kabupaten Dogiyai sudah mau memulainya.”

Bupati Dumupa tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai ASN dan pimpinan OPD yang setia menjalankan tugas dan tanggungjawab demi kebaikan bersama di kabupaten Dogiyai.

Terpisah, Yakobus Dogomo, pelaksana tugas kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Dogiyai, menjelaskan, kerja sama nyata diantara para pimpinan OPD terlihat dalam dua kegiatan besar yang dilakukan sejak awal bulan lalu.

Kegiatan pertama, kata Dogomo, proses penginputan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) di dalam SIPD yang telah dikerjakan selama hampir dua pekan, 16-26 Januari 2021.

Baca Juga:  Pemda Intan Jaya Umumkan Jadwal Pelaksanaan Tes CAT K2

Suasana sama berlanjut dalam kegiatan kedua, yakni proses penginputan rencana kerja dan anggaran (RKA) tahun anggaran 2021.

“Setelah penginputan RKPD, kami lanjutkan lagi selama lima hari sejak tanggal 27 Januari 2021 hingga berakhir hari ini adalah menginput RKA untuk dijadikan materi RAPBD tahun anggaran 2021,” kata Dogomo.

Dua kegiatan itu menurutnya melibatkan semua kepala OPD bersama administrator dari masing-masing OPD di lingkungan pemerintah kabupaten Dogiyai. (Adv)

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.