BeritaKNPI Tambrauw Berjanji Kawal Aspirasi Pencaker

KNPI Tambrauw Berjanji Kawal Aspirasi Pencaker

TAMBRAUW, SUARAPAPUA.com — Bartholomeus Assem, ketua DPD KNPI kabupaten Tambrauw menyatakan siap mengawal aspirasi pencari kerja (Pencaker) di kabupaten Tambrauw.

Menurutnya, membuka lapangan kerja serta mengutamakan orang asli Papua merupakan salah satu program kerja dari bidang Otsus DPD KNPI Tambrauw. Karena itulah aspirasi yang telah dipresentasikan pengurus Forum Komunikasi Pencaker Tambrauw (FKPT) di hadapan pemerintah daerah akan dikawal.

“Seluruh data yang dipresentasikan tadi sangat luar biasa dan memang akurat. KNPI sangat siap untuk mengawalnya,” ujar Bartholomeus, Selasa (26/1/2021) di Fef, Tambrauw.

Dengan ketersediaan sumberdaya manusia (SDM) di kabupaten Tambrauw yang cukup banyak, menurutnya, dibutuhkan kebijakan khusus pemerintah daerah memprioritaskan putra-putri asli Tambrauw. Dengan begitu angka pengangguran yang kian meningkat tiap tahun bisa ditekan.

Baca Juga:  Lalui Berbagai Masalah, KPU Kota Sorong Sukses Plenokan di Tingkat Provinsi

“SDM di Tambrauw sudah ada, jadi teman-teman dari luar kalau nanti ada rekrutmen pegawai, tolong hargai kami. Tidak perlu ikut seleksi. Ini peluang bagi SDM Tambrauw sendiri,” ujarnya.

Bartholomeus juga berjanji, KNPI akan terus mendorong aspirasi Pencaker agar DPRD Tambrauw membuat regulasi khusus.

“Kami akan mendesak DPRD untuk sahkan sebuah Perda agar semua pencari kerja di sini mendapat ruang yang seluas-luasnya.”

Bupati Tambrauw dan jajarannya berpose bersama tim FKPT dan DPD KNPI Tambrauw. (Reiner Brabar – SP)

Metto Baru, sekretaris KNPI kabupaten Tambrauw menyampaikan apresiasinya kepada tim FKPT yang berhasil mengumpulkan secara akurat data Pencaker hingga presentasikan dengan sangat baik di hadapan kepala daerah.

Baca Juga:  12 Parpol Desak KPU PBD Tunda Hasil Pemilu Raja Ampat

“Luar biasa kinerja dari teman-teman dari FKPT yang sudah bekerja keras mendata dalam waktu yang sangat singkat,” puji Metto.

Sementara itu, Edison Syufi, wakil ketua bidang Otsus KNPI Tambrauw yang juga sekretaris FKPT mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu memperlancar proses pendataan.

“Terima kasih untuk semua pihak yang turut membantu kami dan juga teman-teman pencaker yang mempercayai tim FKPT untuk bekerja,” tutup Edison.

Baca Juga:  20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

Berdasarkan data FKPT, Pencaker di kabupaten Tambrauw berjumlah 893 orang.

Data tersebut diserahkan Vinsentius Paulinus Baru, ketua FKPT ke pemerintah daerah. Bupati Gabriel Asem menerima aspirasi dan data dari FKPT yang kemudian dipresentasikan dalam sebuah pertemuan di aula Pemkab Tambrauw.

Bupati Gabriel tak lupa berterimakasih kepada tim FKPT yang telah membantu pemerintah daerah menghimpun data Pencaker di kabupaten Tambrauw. Upaya ini menurutnya sangat luar biasa karena bisa diketahui jumlah pencari kerja.

Dengan data itu, ia berharap secara bertahap pemerintah daerah akan mencari solusinya.

Pewarta: Reiner Brabar
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai Demokrat se-Papua Tengah Jaring Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada...

0
Grace Ludiana Boikawai, kepala Bappiluda Partai Demokrat provinsi Papua Tengah, menambahkan, informasi teknis lainnya akan disampaikan panitia dan pengurus partai Demokrat di sekretariat pendaftaran masing-masing tingkatan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.