Tanah PapuaSaireriHabiskan 80 Miliar Lebih untuk Sukseskan Sidang Sinode GKI ke XVIII

Habiskan 80 Miliar Lebih untuk Sukseskan Sidang Sinode GKI ke XVIII

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Dana sebanyak delapan puluh tiga milyar tujuh ratus ribu rupiah digunakan dalam persiapan dan pelaksanaan Sidang Sinode GKI di Tanah Papua, yang akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 24 Juli 2022 di Waropen.

Dana-dana tersebut digunakan untuk pembangunan reklamasi pantai tempat pergelaran pembukaan sidang, pembangunan homestay dan shelter sebanyak Rp32 milyar, venue persidangan di gedung gereja Bethani Waren sebanyak Rp8 milyar rupiah, penyelesaian 7 gedung gereja dan serba guna jemaat mendukung pelaksanaan sidang Rp6,7 milyar.

Pembangunan gedung baru kantor klasis GKI Waropen Rp5 milyar, kelengkapan perlengkapan sidang Rp3,2 milyar dan tiket pesawat peserta sidang Rp1,6 milyar, biaya seksi-seksi di dalam panitia Rp28,7 milyar, termasuk pengeluaran dana lain-lain, sehingga secara keseluruhan dana yang digunakan dalam persiapan dan pelaksanaan sidang sinode XVIII GKI sebanyak Rp83,7 milyar.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

Korinus Reri, Sekretaris Umum Panitia Sidang Sinode GKI di tanah Papua ke XVIII tahun 2022 di Waropen mengakui dana sebesar Rp83,7 milyar tersebut merupakan sumbangan dari berbagai sumber, baik dari pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat, kabupaten Waropen serta sejumlah kabupaten di Papua maupun Papua Barat, sumbangan warga jemaat di Waropen, Manokwari, Jayapura, usaha dana panitia dan sumbangan dari sejumlah daerah di tanah Papua.

“Ada dana hibah dari pemerintah Papua dan Papua Barat, Sinode GKI di Tanah Papua, kabupaten Yahukimo, Nabire, Manokwari, Asmat, Kabupaten Waropen sendiri dan sejumlah bantuan individu masyarakat Waropen. Termasuk warga jemaat dari kabupaten di Papua dan Papua Barat,” jelas Sekum Panitia Sidang Sinode XVIII GKI dalam sambutannya pada acara pembukaan di pantai Sarfambai Waren, Waropen, Senin (18/7/2022).

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Dengan demikian, Sekum Panitia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung dalam menyukseskan pelaksanaan sidang sinode XVIII GKI di Waropen. Ia juga mengapresiasi Sinode GKI di tanah Papua yang telah mempercayakan Klasis GKI Waropen dan Kabupaten Waropen sebagai tempat pelaksanaan sidang sinode XVIII.

Selain itu ia mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Waropen dengan penuh mendukung guna menyukseskan pelaksanaan sidang sinode GKI tahun 2022 ini.

Ketua Badan Pekerja Am Sinode GKI di tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu, atas nama Badan Pekerja Am Sinode GKI di Tanah Papua menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam persiapan penyelenggaraan sidang sinode, yang pelaksanaan sidang ini mulai dan di buka saat ini, Senin [18/7/2022].

Baca Juga:  Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

Terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan sidang ini.

Oleh sebab itu Ketua Sinode berpesan agar seluruh peserta untuk mengikuti apa yang telah dan akan diatur oleh panitia. Tidak ada yang mengatur dengan kehendak sendiri, karena panitia telah diberikan kewenangan penuh untuk mengatur dan mengamankan pelaksanaan sidang sinode.

“Jika siapapun yang bermaksud untuk membuat ricuh keadaan dalam sidang sinode ini, maka tidak diperkenankan ada di Waropen. Karena kita datang ke sini dalam perayaan pesta Tuhan,” pungkasmya.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

0
"Kami ingin membangun kota Sorong dalam bingkai semangat kebersamaan, sebab daerah ini multietnik dan agama. Kini saatnya kami suku Moi bertarung dalam proses pemilihan wali kota Sorong," ujar Silas Ongge Kalami.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.