Tanah PapuaMamtaAparat Datangi Lokasi Tempat Kegiatan Doa Bersama Pengukuhan Struktur ULMWP di Expo...

Aparat Datangi Lokasi Tempat Kegiatan Doa Bersama Pengukuhan Struktur ULMWP di Expo Waena

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Tempat kegiatan doa bersama pengukuhan struktur kerja United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) di Expo Waena didatangi aparat kepolisian dari Polresta Jayapura Kota, Brimob dan Polsek Sektor Heram, kota Jayapura, Provinsi Papua pada, Rabu (7/2/2024).

Dilaporkan aparat kepolisian telah tiba di lokasi kegiatan pada pukul 8.19 waktu Papua menggunakan 6 kendaraan roda empat jenis Extrada dan Avanza serta satu kendaraan roda dua (motor), termasuk mobil Dalmas kepolisian.

Chris Dogopia, salah satu panitia yang ada di lokasi tempat kegiatan mengatakan bahwa aparat tiba dan memerintahkan pemilik tenda untuk menyimpan tenda-tenda yang telah dipasangnya.

Baca Juga:  Seorang Fotografer Asal Rusia Ditangkap Apkam di Paniai

“Kami yang ada di lokasi adalah Yan Matuan, Ponius Yoman dan Chris Dogopia. Aparat minta pemilik tenda melepas tenda-tenda yang sudah dipasang,” kata Dogopia.

Kata Dogopia, sebelumnya sesuai pembicaraan pada malam tanggal 6 Februari 2024, pihak Intelkam Polda Papua sempat menanyakan keberadaan Iche Murip, Nelius Wenda dan Samuel Womsiwor.

Di lokasi kata Dogopia, Kasat Intel Polda kembali menanyai Iche Murip, Nelius Wenda dan Samuel Womsiwor.

“Kami sampaikan bahwa sesuai kesepakatan malam, mereka sedang dalam perjalanan ke Polresta Jayapura, bersama Markus Haluk. Kasat Intel meminta nomor mereka kepada kami, tetapi kami katakan tidak. Kasat Intel kemudian menelepon Iche, tetapi tidak dijawab. Kemudian Kasat Intel menelepon tuan Markus Haluk dan tuan Markus Haluk mengangkat telepon itu dan katakan akan ketemu di kantor [Polresta Jayapura],” kata Dogopia.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap
Pemilik tenda ketika membongkar tenda. (Supplied for SP)

Setelah itu kata Dogopia pada pukul 8.30 waktu Papua Kasat Intel meninggalkan lokasi, sedangkan Kapolsek Heram dan 8 anggota polisi masih berada di lokasi pelaksanaan kegiatan.

Aparat gabungan Brimob dan Kepolisian lalu memblokade jalan keluar masuk di seputaran Ekspo Waena.

Sementara, massa rakyat yang hendak berpartisipasi dalam kegiatan dilarang masuk ke dalam area kegiatan, sedangkan yang  di dalam area kegiatan dilarang keluar. Bahkan warga masyarakat yang tinggal di seputaran tempat kegiatan juga dilarang masuk keluar lokasi.

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

Hingga saat ini, aparat gabungan masih berjaga-jaga di lokasi, di Expo Waena.

Sebelumnya, pada tanggal 7 Februari 2024 di Expo Waena, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) merencanakan gelar doa bersama pengukuhan struktur kerja ULMWP.

Doa bersama pengukuhan struktur itu direncanakan dilaksanakan setelah Rapat Kerja (Raker) ULMWP yang pihaknya laksanakan pada 11-15 Desember 2023. Dalam Raker itu, pihaknya telah menetapkan program kerja, struktur dan regulasi.

Selain itu, doa bersama ini juga berkaitan memperingati Hut Pekabaran Injil di Tanah Papua yang ke 169 pada tahun 2024.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.