BeritaTeknologiKominfo Papua Kerja Sama PT Telenet untuk Pemasangan V-Sat di Kabupaten Kota

Kominfo Papua Kerja Sama PT Telenet untuk Pemasangan V-Sat di Kabupaten Kota

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPU.com— Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kominfo terus tindaklanjuti terkait rencana pemasangan perangkat V-sat pada 32 titik di Kabupaten dan kota di Provinsi Papua.

Sebagaimana dilaporkan Kominfo Papua, progres persiapan dan pelaksanaan kegiatan secara bertahap dilakukan sesuai dengan rencana.

Sebagai tindak lanjut proses pelaksanaan kegiatan tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua melakukan Penandatanganan kerja sama dengan PT. Telenet dalam project Higt Troughput Satelitte.

Hight Troughput Satelitte (HTS) ini memberikan kapasitas transmisi data yang lebih besar dan berkecepatan tinggi, mempunyai cakupan yang lebih luas serta mempunyai fleksibilitas dan efisiensi yang tinggi.

Sehingga memungkinkan operator untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan jaringan pada daerah – daerah terpencil atau sulit di jangkau.

Kerja sama ini diharapkan dapat berjalan dan membantu kelancaran pembangunan V- Sat sesuai rencana.

Dalam rangkaian kegiatan penandatanganan kerja sama ini juga dilakukan peninjauan langsung ke kantor penyedia dalam rangka melihat kesiapan penyediaan peralatan Vidiotron yang akan di kirimkan ke Kabupaten Supiori dan Kabupaten Waropen yang nantinya menjadi Lokus pemasangan Vidiotron yang ditargetkan akan rampung di tahun 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto mengatakan, pemasangan Jaringan Internet ini (V-sat) ini dapat menyentuh langsung ke masyarakat, sehingga ketersediaan internet dapat membantu kebutuhan pendidikan dan UMKM di sekitar area V-sat yang dibangun.

Ia juga mengatakan, pemasangan V- sat ini di titik beratkan pada daerah yang belum tersentuh oleh layanan Bhakti dan Provider lainnya.

Untuk diketahui sebelumnya pada, Senin 26 Maret 2024, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT. Telkom Indonesia.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kura-Kura Digital

0
Untuk hal ini Drijarkara sebagai tukang pikir mungkin patut didengar. Kutipannya sering dipakai, dan jika diadaptasikan dalam konteks ini menjadi, “Bermain-main lah untuk kekuasaan, tapi jangan mau dipermainkan kekuasaan, barang siapa mempermainkan permainan, akan menjadi permainan permainan, barang siapa mempermainkan kekuasaan, akan menjadi permainan kekuasaan.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.