TPNPB Tolak Tudingan KKB, KKSB dan Teroris

0
2577
Egianus Kogeya (kanan), Panglima TPNPB Kodap III Ndugama bersama bawahannya. (Dok. Jubir TPNPB)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Komando Daerah Pertahanan (Kodap) III Ndugama dengan tegas menolak tudingan pemerintah dan aparat Indonesia yang menuding pihak TPNPB sebagai KKB, KKSB dan Teroris. 

Pernyataan tersebut disampaikan dalam laporan 1 tahun perang gerilya lawan TNI dan Polri di wilayah Ndugama pada 31 Desember 2019 kemarin. Pernyataan yang sama pernah dikeluarkan pada 8 Maret 2019 lalu.

“Kami bukan KKB, KKSB atau teroris. Kami anak bangsa yang berjuang di atas Tanah Papua,” tegasnya seperti dikutip dari jubi.co.id.

Baca Juga:  Mahasiswa Papua Minta Presiden Jokowi Copot Jabatan Pangdam XVII/Cenderawasih

Tonton Video di bawah ini:

ads

Pada 31 Desember kemarin, dalam laporan yang ditandatangani Egianus Kogeya, Panglima TPNPB Kodap Ndugama tersebut menjelaskan, selama 1 tahun, genap 12 bulan TPNPB Kodap III Ndugama berperang melawan TNI dan Polri memperjuangan kemerdekaan bangsa Papua Barat dengan jerih payah dan pertarungan nyawa.

Namun pemerintah Indonesia selalu mengatakan bahwa kami adalah KKSP, KKB dan OTK. Sekarang kami disebut dengan teroris dan tikus-tikus hutan.

Baca Juga:  Konflik Horizontal di Keneyam Masih Berlanjut, Begini Tuntutan IPMNI

“Kami membantah semua tudingan selama 1 tahun dari militer Indonesia bahwa Pimpinan Egianus Kogeya adalah KKSB, Separatis, KSB dan  OTK. Itu adalah Pembohongan publik oleh Pihak Pemerintah Indonesia,” tegasnya.

Egianus balik menuding pemerintah Indonesia selalu menyebut pihaknya KKSB, KKB dan teroris. Diklaim, pihaknya ikuti berita banyak pihak yang simpang siur terutama Pemerintah Pusat Presiden Jokowi dan Panglima TNI maupun Kapolri menyebut kami adalah Pimpinan KKSB, dan banyak Wartawan menulis berita tidak sesuai faktanya.

Baca Juga:  Poksus DPR Papua Mendukung Upaya MRP Soal Rekrutmen Politik

“Itu hanya karena kepentingan negara sehingga membuat Pimpinan TPNPB/OPM Kodap III Ndugama selalu disebut Kelompok KKSB pimpinan Egianus Kogeya membuat banyak perajurit mati di tangan anak buah saya,” kata Egianus.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaSudah Satu Tahun Aparat Rampas dan Duduki Kantor KNPB dan PRD Timika
Artikel berikutnyaLaporan Satu Tahun TPNPB Kodap III Ndugama Bergerilya