ArsipDi Dogiyai, Hari Minggu Dilarang Jualan Setengah Hari 

Di Dogiyai, Hari Minggu Dilarang Jualan Setengah Hari 

Jumat 2016-04-15 06:07:26

DOGIYAI, SUARAPAPUA.com — Di Kabupaten Dogiyai, Papua dilarang berjualan pada hari Minggu selama setengah hari. Mulai pukul 06:00 WIT pagi hingga pukul 14:00 WIT demi menghargai umat beragama yang sedang beribadah. 

 

“Kami larang untuk orang asli Papua dan pedagang non-Papua jualan selama setengah hari di hari Minggu. Supaya hari minggu dipakai untuk ibadah,” jelas Yonatan Bunai, Perwira penghubung Polda Papua dan Pangdam Papua yang ditugaskan di Kabupaten Dogiyai, kepada suarapapua.com, Kamis (12/4/2016).  

 

Kata Bunai, sejak diumumkannya aturan larangan berjualan pada hari minggu awalnya tetap masih jualan, namun sebulan setelahnya aturan itu mulai membuahkan hasil.

 

“Kami berhasil mengamankan penjual yang bandel dan sekarang mereka tidak biasa jual. Kami masih menunggu surat edaran dari pemerintah daerah Kabupaten Dogiyai untuk dilarang jualan setengah hari untuk hari Minggu. Karena kami belum mendapatkan surat edaran, namun tetap kami kontrol penjual siapa yang sedang menjual,” jelasnya.

 

Diharapkan, pemerintah segera mengeluarkan surat edaran untuk pejual, agar mereka tidak menjual setengah hari di hari Minggu.

 

“Selanjutnya kami mendesak pemerintah untuk hal ini dimasukan dalam perda kabupaten Dogiyai,” jelasnya.

 

Pilipus Kobepa. Kepala Propos Polisi Pamong Praja kepada suarapapua.com mengatakan, masyarakat merasa senang karena apa yang masyarakat inginkan terwujud. Katanya, dua kali pihaknya pernah turun lapangan untuk melarang menjual barang hari Minggu tapi mereka tidak mau dengar.

 

“Walaupun di awal-awal kami merasa susah, tetapi setelah kami terus berusaha bersama akhirnya sukses juga, tidak ada penjual yang menjual barang di hari minggu selama setengah hari,” katanya.

 

Kata Kobepa, pihaknya akan terus mengkawal dan mengontrol aturan tersebut sambil menunggu surat keputusan dari bupati tentang aturan ini.

 

Editor: Arnold Belau

 

AGUSTINUS DOGOMO

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

0
"Sampai saat ini belum ada ketegasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sana. Tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah Yahukimo. Kami minta untuk segera tangani.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.