ArsipTokoh Pemuda Paniai Minta Pemerintah Siapkan Lapangan Kerja

Tokoh Pemuda Paniai Minta Pemerintah Siapkan Lapangan Kerja

Selasa 2016-02-16 01:13:15

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Melihat banyaknya tenaga pengangguran di kabupaten Paniai, Samuel Yogi, salah satu tokoh pemuda minta pemerintah segera buka lapangan kerja untuk menekan angka penganggguran.

“Ya, jumlah sarjana di Paniai sangat banyak, pemerintah harus lihat celah untuk buka lapangan kerja, karena banyak sarjana yang menganggur” ungkap Yogi kepada suarapapua.com, di Enarotali, Paniai, Papua, Minggu (14/2/2016) siang.

 

Lanjut Yogi, dari setiap kampus yang ada pasti ada saja mahasiswa dari Paniai. Hal ini mengakibatkan jumlah kelulusan yang sangat menonjol tinggi.

 

“Semua kampus pasti ada saja anak Paniai, coba bayangkan setiap tahun ribuan mahasiswa selesai. Semua menganggur,” katanya.

 

Menurut Yogi, untuk memberantas angka pengangguran di Paniai, dirinya berharap pemerintah melalui Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang ada untuk melihat tugas dan fungsi kerjanya masing-masing.

 

“Bapak bupati angkat kepala dinas dan bawahannya itu untuk bantu kerja. Bukan SKPDnya itu malah bikin tau-tau sendiri,” pungkasnya tegas.

 

Model SKPD seperti ini yang bikin kacau daerah Paniai. SKPD harus punya program yang dapat direalisasikan dengan jelas.

 

“Kalau SKPD kerjanya jelas ya tidak menutup kemungkinan pengangguran dapat berkurang di sini. SKPD harus buat program sesuai dengan potensi di wilayah Paniai,” katanya.

 

Ia mencontoh, hampir semua daerah Paniai adalah daerah rawa dan dikelilingi oleh danau. Pemerintah di dinas perikanan seharusnya membuat keramba ikan untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

Selain itu ia mengatakan daerah Paniai merupakan daerah yang sangat subur dinas pertanian dan tanaman pangan seharusnya melihat peluang ini untuk buka lahan warga.

 

“Saya pikir kalau buat kelompok-kelompok usaha tani maupun perikanan Paniai bisa maju,” katanya lagi.

 

Selain itu dirinya berharap agar semua pemuda Paniai untuk tidak mengharapkan pemerintah tapi melihat peluang usahanya sendiri agar kelak jika usahanya sukses maka pemerintah bisa membantu meningkatkan usahanya lagi.

 

MIKHA GOBAY

Terkini

Populer Minggu Ini:

Aparat Hadang dan Represi Aksi Demo Damai Mahasiswa Papua di Bali

0
“Kondisi hari ini, rakyat Papua menghadapi situasi represif, intimidasi serta pembunuhan yang sistematis dan terstruktur oleh negara pasca otonomi khsusus diberlakukan tahun 2001. Akibatnya, konflik berkepanjangan terus terjadi yang membuat aparat TNI/Porli menuduh warga sipil dengan sembarangan,” tutunya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.