ArsipPanitia UAS dan UAN Mamteng Gelar Sosialisasi Tata Cara Ujian untuk SMP...

Panitia UAS dan UAN Mamteng Gelar Sosialisasi Tata Cara Ujian untuk SMP dan SMA

Rabu 2016-02-09 10:25:26

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Bertempat di Aula SD Negeri Wamena, Panitia Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) telah menggelar sosialiasi tata cara dan aturan baru seputar UAS dan UAN kepada sekolah tingkat SMP dan SMA kabupaten Mamteng di Wamena, tidak lama ini.

Tati Paembang, ketua panitia UAS dan UAN kab. Mamteng mengatakan, Sosialisai tentang tata cara dan model Ujian Sekolah dan Ujian Nasional tingkat SD, SMP dan SMA dilakukan agar guru-guru lebih siap dan mengetahui model-model dan cara Uji pada tahun 2016.

 

“Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di Wamena karena banyak kepala-kepala sekolah dan guru-guru sedang berada di Wamena urus dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) sehingga bisa diselenggarakan melibatkan guru-guru SMP dan SMA di Mamteng,” ungkapnya. 

 

Kata Tati, Kegiatan sosialisasi ini di lakukan untuk sekolah tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Mamteng. Namun pada saat ini sosialisasi hanya diuntukkan bagi guru-guru SMP dan SMA sementara untuk SD akan dilakukan setelahnya. Katanya, sistem ujian tahun ini sangat beda dari tahun sebelumnya.

 

“Ujian sekolah itu modelnya seperti ujian nasional dan ujian Lembaran Jawaban Komputer (LJK) dan semua soal akan disediakan dari Provinsi. Kalau ujian tahun kemarin, kabupaten dan sekolah masing-masing yang buat soal, bahkan menentukan nilai dan kelulusan juga,” jelas Tati.

 

Dikatakan, tahun ini penetuan nilai dan kelulusan, akan ditangani oleh provinsi. Maka sosialisasi dilakukan dari awal karena ujian sekolah ini akan berlangsung tanggal 29 Februari mendatang. Hasil ujian juga akan diperiksa di Provinsi karena modelnya system Scanner. Orang kabupaten akan scan ke Provinsi dan disana yang akan periksa dan menentukan.

 

“Kami harap guru-guru SMP dan SMA dapat memahami prosedurnya sehingga Ujian nanti dapat berlangsung dengan baik. Kami juga harapkan agar guru-guru pelajari lagi di sekolah masing-masing setelah sosialisasi ini,” harapnya.

 

Dari data yang dihimpun suarapapua.com di kabupaten Mamteng terdapat lima SMA. Tetapi hanya empat SMA yang akan menyelenggarakan ujian karena satu sekolahnya belum ada kelas tiga karena sekolah itu baru dibuka, sedangkan untuk SMP akan diikuti oleh delapan sekolah. Ujian sekolah untuk SMA akan diadakan pada tanggal 29 Februari 2016 dan Ujian Nasional bulan Maret dan April.

 

DIUS KOGOYA

Terkini

Populer Minggu Ini:

Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Tanda Kehormatan Kepada Jenderal Terduga Penjahat Kemanusiaan

0
Presiden untuk membatalkan rencana pemberian pangkat kehormatan terhadap Prabowo Subianto yang diduga terlibat dalam kasus penculikan dan penghilangan orang secara paksa tahun 1997-1998;

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.