ArsipHonai Resort Wamena Akan Dijadikan Asrama Kompi Brimob Sementara

Honai Resort Wamena Akan Dijadikan Asrama Kompi Brimob Sementara

Rabu 2015-01-07 19:44:15

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Pembangunan Asrama Kompi Brigadir Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Papua, di Kabupaten Jayawijaya, direncanakan untuk dibangun di Honai Resort, yang terletak di Distrik Pikhe, Wamena, Papua.

Hal ini disampaikan Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Wamena, Senin (5/1/2015).

 

Menurut Bupati Wempi, bangunan fisiknya sudah ada, dan pemerintah akan merenovasi Honai Resort tersebut untuk dijadikan tempat tinggal sementara bagi anggota Brimob.

 

“Kami akan minta bantuan konsultan untuk menghitungnya terlebih dahulu dan akan dijadikan tempat tinggal sementara sambil menunggu tempat definitif di Molama,” katanya. 

 

Kata dia, alasan penempatan lokasi Asrama Kompi Brimob di Molama, supaya masyarakat Asolokobal dan masyarakat Woma tidak dijadikan tempat perang seperti yang terjadi pada bulan Desember 2014 lalu.

 

“Jadi, untuk pembangunan lokasi itu saya sudah bilang, saya akan patok dulu baru saya akan sampaikan kepada masyarakat yang mempunyai tanah untuk memberikan kompenisasi."

 

"Saya tidak akan bisa rapat-rapat lagi, karena kemarin kita rapat tidak ada titik temu, soalnya yang bicara orang tidak punya hak ulayat di situ (Molama),” katanya.

 

Lebih lanjut kata Bupati, tempat itu dijadikan markas Brimob dengan tujuan supaya tempat itu aman atau dijadikan sebagai zona aman bagi semua orang di Jayawijaya.

 

“Saya bicara ini demi keamanan Jayawijaya yang lebih baik. Jadi, terlebih dahulu untuk tempat definitif Kompi Brimob ini kami akan lakukan pembebasan lahan, supaya langsung diserahkan ke kepolisian,” tegas Bupati Wetipo.

 

Editor: Oktovianus Pogau

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

KPU Lanny Jaya Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara

0
“Kami harap kepada 39 distrik yang belum pleno di masing-masing distrik, secepatnya diselesaikan untuk selanjutnya bawa hasilnya ke KPU. Ada satu distrik yang sudah kumpul. Kalau batas waktu lewat, pasti KPU dan Bawaslu bersama keamanan akan turun jemput langsung,” ujar Aminastri Kogoya, ketua KPU kabupaten Lanny Jaya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.