ArsipHasil Usaha KUT Wania Dipamerkan di Wamena

Hasil Usaha KUT Wania Dipamerkan di Wamena

Jumat 2016-01-15 09:26:38

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Kelompok Usaha Tani (KUT) Wania, Distrik Hubikiak, Jayawijaya, Papua, memamerkan hasil usahanya di Wamena, Jumat (15/1/2016).

Jenis usaha yang dikembangkan KUT Wania yakni ternak babi, ayam, Bahan Bakar Minyak (BBM), dan jual beli daging potong (babi).

“Hari ini kami tampilkan hasil perdana. Hasil usaha kelompok kami berupa ternak babi, ayam, jual beli daging Wam (babi), dan usaha BBM,” kata ketua KUT Wania, Ketias Wenda pada pembukaan acara pameran, siang tadi di Wamena.

Wenda menjelaskan, KUT Wania dimulai sejak tahun 2010 di Kampung Hetuma (Pasar Baru), Distrik Hubikiak.

“Dari kelompok Wania, usaha ternak babi berjumlah 120 ekor,” imbuhnya.

“Anggota kelompok kami ada 20 orang. Kami selama ini tanpa dorongan dari siapapun, hanya kelompok tani ini sendiri, jadi bersifat swadaya kelompok,” kata Wenda.

Kelompok usaha tani yang dipimpin Ketias Wenda memiliki 10 sub kelompok.

“Karyawan khusus ada 5 orang dan mereka dikasih gaji perbulan satu juta rupiah,” katanya.

Tahun lalu kelompok usaha ini menyampaikan proposal ke pemerintah daerah. “Kami pernah masukan surat permohonan kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya pada tahun 2015. Tetapi, dijanji tahun 2016 dan saat ini kami menunggu jawabannya,” tutur Wenda.

Ia menambahkan, hasil usahanya yang dipamerkan hari ini agar ada penilaian tersendiri. “Ya, inilah saatnya kita harus pamerkan hasil pertama sebelum pemerintah melihat dan menilai.”

Dengan pameran hasil usaha tersebut, pihaknya berharap agar pemerintah daerah dapat mengangkat dan mendorong potensi-potensi petani yang ada di wilayah Kabupaten Jayawijaya.

Diakuinya, usaha yang dirintis sejak tahun 2010 itu cukup prospek. “Setiap hari hasil usaha kami biasa jual di Pasar Jibama,” kata Ketias Wenda.

Sekretaris KUT Wania, Yelinus Kogoya menegaskan, selepas pameran ini, usahanya tetap akan dilanjutkan.

Menurut Kogoya, tahun ini mereka akan kembangkan usaha-usahanya lebih baik lagi.

“Satu bagian usaha yang menjadi target utama kami pada tahun ini adalah usaha BBM. Selama ini belum ada tempat jual, biasanya di pinggir jalan saja. Jadi, kami mau dalam ruko,” tutur Kogoya.

Wenda maupun Kogoya berharap, pemerintah daerah melirik KUT Wania agar usahanya berkembang baik. Juga tentunya dengan hasil usahanya dapat menjamin nasib para karyawan.

 

Editor: Mary

 

DIUS KOGOYA

Terkini

Populer Minggu Ini:

Sebanyak 127 Peserta Memulai Program Pelatihan di Institut Pertambangan Nemangkawi

0
"Program ini dirancang untuk memberikan siswa pengalaman praktis yang mendalam dan keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk sukses dalam industri pertambangan," kata IPN General Superintendent Suzan Kambuaya selaku Penanggung Jawab Program.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.