ArsipASN dari Empat Kabupaten Ikut Ujian Penyetaraan

ASN dari Empat Kabupaten Ikut Ujian Penyetaraan

Rabu 2016-04-20 03:31:15

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Untuk meningkatkan kemampuan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Jayawijaya, pemerintah setempat melalui dinas terkait mengadakan ujian penyesuaian ijazah di Balai Diklat Hom-Hom, Wamena, Selasa (19/4/2016) kemarin.

Ujian yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya itu bagian dari ujian paket C atau kesetaraan SMA dan setingkatnya.

 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jayawijaya, Heronimus E. Hubi mengatakan, ujian ini diadakan untuk memberikan kesempatan bagi pegawai yang diangkat menjadi ASN dari latar belakang pendidikan tinggi, SMA dan yang sederajat.

 

“Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) diangkat dengan ijazah SMA, diploma maupun sarjana, diberikan kesempatan untuk mengikuti tugas belajar, tetapi juga untuk mengikuti ujian paket C sebagai peluang penyesuaian ijazah,” kata Hubi melalui press release yang dikirim ke redaksi suarapapua.com dari Wamena.

 

Menurutnya, ujian ini sangat membantu setiap ASN untuk penyesuaian ijazah agar kedepan jauh lebih bagus dalam melaksanakan tugas, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

Untuk pemateri, jelas Hiron, BKD Kabupaten Jayawijaya sebagai penyelenggara bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi yang ada di daerah ini, terutama dalam penyusunan materi ujian yang meliputi pengetahuan umum, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.

 

“Ini semua untuk setiap jenjang pendidikan dan pada bagian akhir peserta akan buat karya tulis sesuai Tupoksi masing-masing aparatur sipil negara,” jelasnya.

 

Selain ujian penyesuaian ijazah, kata Hiron, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi ASN di Kabupaten Jayawijaya, dilakukan juga kegiatan Diklat fungsional, Diklat struktural, TOT, Bimbingan Teknis (Bimtek), tugas belajar atau ijin belajar serta kegiatan serupa lainnya.

 

“Intinya, dari semua model kegiatan yang tertuang ini bertujuan meningkatkan kemampuan ASN, sehingga terfokus dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya,” pungkas Hiron.

 

Sekedar diketahui, jumlah peserta yang mengikuti ujian penyesuaian sebanyak 137 orang dari masing-masing jenjang pendidikan, mulai dari SMA, D3, S1 dan S2.

 

Pesertanya dari beberapa kabupaten di pegunungan tengah: Kabupaten Jayawijaya 32 orang, Kabupaten Yalimo 94 orang, Kabupaten Lanni Jaya 5 orang, dan Kabupaten Mamberamo Tengah 5 orang.

 

Editor: Mary

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

Indonesia dan AS Teken Pengalihan Utang untuk Lindungi Ekosistem Terumbu Karang

0
“Dengan menghapus utang dan mengalokasikan dananya kembali ke Indonesia, melalui program pengalihan utang untuk perlindungan alam. Kami melakukan langkah konkret untuk melindungi terumbu karang Indonesia yang sangat berharga dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” kata Michael Kleine.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.