ArsipDiduga Anggota Purom Wenda, Dua Warga Sipil Ditangkap di Wamena

Diduga Anggota Purom Wenda, Dua Warga Sipil Ditangkap di Wamena

Senin 2015-01-26 18:39:45

WAMENA, SUARAPAPUA .com — Tim Khusus (Timsus) gabungan Polda Papua dan Polres Jayawijaya, dikabarkan menangkap dua warga sipil yang diduga sebagai anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB), pimpinan Purom Wenda.

Kapolres Jayawijaya, AKBP. Adolf Beay, kepada wartawan mengungkapkan, kedua warga tersebut ditangkap di Jalan Yosudarso, Sinakma, Wamena, pada Sabtu (24/1/2015), sekitar pukul 19:30 Wit.

 

Satu tersangka berinisial WT (32), yang diduga terlibat penembakan anggota Polri di Polres Lanny Jaya, pertengahan tahun 2014 lalu, di kampung Nambume, Distrik Pirime, yang mengakibatkan dua orang anggota meninggal dunia.

 

Sedangkan tersangka kedua, lanjut Beay, berinisial NW. Dari interogasi awal diduga terlibat penembakan angota TNI di Kabupaten Lanny Jaya dan perampasan senjata milik anggota Polres Lanny Jaya berupa satu pucuk senjata Jenggel.

 

“Selain dua orang itu, ada seorang mahasiswa berinisial KW yang berperan sebagai peluncur untuk melakukan penangkapan atau saksi atas dua orang anggota tersebut,” ungkap Beay, kepada wartawan di Wamena, Senin (26/1/2015) siang.

 

Kata Kapolres Beay, setelah ditangkap ketiga orang tersebut diamankan di Polres Jayawijaya guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan selanjutnya, Minggu (25/1/2015) diberangkatkan ke Polda Papua dikawal Timsus Polda.

 

Adapun keterangan lebih lanjut jelas Kapolres Beay, dua anggota KKB tersebut ada dibawah pimpinan Purom Wenda dan diduga terlibat sebagai pelaku penghadangan dan penembakan anggota Polri Polres Lanny Jaya yang terjadi beberapa waktu lalu.

 

Dia juga menjelaskan, paska penangkapan ketiga anggota KKB itu, wilayah hukum Polres Jayawijaya dalam keadaan aman dan kondusif.

 

Lebih lanjut, kata Kapolres, pada saat penangkapan tidak ada Barang Bukti (BB) yang didapat dari kedua tersangka.

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hilang 17 Hari, Anggota Panwaslu Mimika Timur Jauh Ditemukan di Potowaiburu

0
“Adik ini hilang selama dua minggu lebih. Begitu dapat kabar, semua keluarga besar suku Mee langsung berkumpul dan ada tunggu di rumah,” jelas Dogopia.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.