ArsipTPN/OPM Desak Jakarta Buka Diri Untuk Berunding

TPN/OPM Desak Jakarta Buka Diri Untuk Berunding

Selasa 2013-04-23 14:22:00

PAPUAN, Jayapura—  Jonah Wenda yang mengaku sebagai Juru Bicara (Jubir) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN PB) dan Organisasi Papua Merdeka (OPM), mendesak pemerintah Indonesia untuk segera membuka ruang perundingan antara rakyat Papua dan Indonesia untuk menyelesaikan segala konflik di tanah Papua.

“Kami sudah berkali-kali meminta dan mendesak Jakarta untuk segera lakukan dialog, tujuannya untuk mencari solusi penyelesaian bersama, tapi Jakarta tidak pernah merespon niat baik dari TPN/OPM,” tegas Jonah, saat memberikan keterangan pers di hotel Matos , Abepura, Papua, Selasa (23/4/2013) siang.

 

Dikatakan, perundingan yang dimaksud TPN/OPM tentu akan dimediasi oleh negara netral tanpa campur tangan dari pihak Papua, maupun Indonesia, dan tanpa tekanan apa pun demi mencari solusi perdamaian di tanah Papua.

"Penyelesaian konflik antara Papua-Jakarta harus dengan jalan damai, jangan gunakan pendekatan kekerasan militer, intimidasi dan teror yang justru mengorbankan orang Papua," kata Wenda.b

Wenda juga mendesak pemerintah Indonesia untuk segera buka diri dan lakukan perundingan dengan kelima juru runding yang ditunjuk oleh rakyat Papua, saat konfrensi yang difasilitasi Jaringan Damai Papua, pada tahun 2011 lalu di kampus Universitas Cenderawasih.

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Indonesia Berpotensi Kehilangan Kedaulatan Negara Atas Papua

0
Tindakan bapak Wapres Ma’ruf Amin membicarakan isu penyanderaan pilot Phillip Mark Mehrtenz di Wellington, Selandia Baru, itu tindakan diplomasi yang keliru dan melanggar prinsip-prinsip kepentingan nasional dan kedaulatan negara.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.