ArsipUskup Jayapura Tahbiskan Pastor Pertama yang Lahir dan Besar di Arso

Uskup Jayapura Tahbiskan Pastor Pertama yang Lahir dan Besar di Arso

Senin 2015-02-16 20:35:45

KEEROM, SUARAPAPUA.com — Uskup Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar OFM, Minggu (15/02/2015) kemarin, telah mentahbiskan Pastor RD Bartholomeus Dowen Oyan, menjadi imam di Paroki St. Willibrodus Arso, Keerom, Papua.

Pastor Bartholomeus Dowen Oyan, diketahui lahir di Arso, dan menyelesaikan pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Arso.

 

Sedangkan perguruan tinggi, dilanjutkan di Sekolah Tinggi Teologi Filsafat (STFT) Fajar Timur, Abepura, Jayapura. Acara pentahbisan yang digelar pagi hari, turut dihadiri juga oleh Bupati Keerom, Yusuf Wally.

 

Dalam sambutannya, Bupati Keerom mengatakan, pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada keluarga yang telah mendorong Bartholomeus Dowen Oyan hingga dapat menyelesaikan studi, dan kini ditahbiskan sebagai Pastor. 

 

“Dengan begitu kami pemerintah juga bisa saling mendukung dalam pembangunan iman umat di Keerom. Saya juga minta sama-sama kita menjaga Keerom, terutama pergaulan bebas yang sering terjadi,” kata Wally.

 

Ditambahkan oleh Bupati, saat ini Minuman Keras (Miras) dan Narkoba sudah seperti menjadi teman bagi generasi muda di Kabupaten Keerom, karena itu perlu langkah-langkah pencegahan yang serius. 

 

Sementara itu, Uskup Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM, memberikan apresiasi kepada Bupati Keerom yang turut menghadiri acara pentahbisan RD Barholomeus Dowen Oyan.

 

“Saya juga ingin berpesan kepada bapak Bupati Keerom, tolong memperhatikan umat saya yang ada di Keerom, sebab sampai saat ini masih banyak yang belum mendapat pendidikan dengan baik,” ujar Leo.
 

Menurut Uskup Leo, perayaan tahbisan imamat digelar dengan sangat mewah dan meriah, namun apakah sektor pendidikan dan kesehatan sudah mendapatkan perhatian yang baik dari pemerintah?

 

“Kalau saat ini kami melaksanakan kegiatan sebegitu meriah, dan kami bisa mendapat bantuan dana sangat besar, namun yang menjadi pertanyaan bagi saya adalah apakah pendidikan sudah mendapat tempat yang layak bagi umat saya?” tanya Uskup.

 

Acara penahbisan imam kali ini dihadiri oleh ribuan warga Keerom, juga sanak keluarga dari RD Barholomeus Dowen Oyan. 

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

HARUN RUMBARAR

Terkini

Populer Minggu Ini:

DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

0
“Aksi ini untuk mendukung sidang DKPP atas pengaduan Gerats Nepsan selaku peserta seleksi anggota KPU Yahukimo yang haknya dirugikan oleh Timsel pada tahun 2023. Dari semua tahapan pemilihan komisioner KPU hingga kinerjanya kami menilai tidak netral, sehingga kami yang peduli dengan demokrasi melakukan aksi di sini. Kami berharap ada putusan yang adil agar Pilkada besok diselenggarakan oleh komisioner yang netral,” kata Senat Worone Busub, koordinator lapangan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.