ArsipKapolres Jayawijaya Klaim Wilayah Hukumnya Aman Jelang Kunjungan Jokowi

Kapolres Jayawijaya Klaim Wilayah Hukumnya Aman Jelang Kunjungan Jokowi

Selasa 2015-12-29 09:03:09

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Kapolres Jayawijaya, AKBP. Semmy Ronny TH Abaa mengklaim situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Wamena dan sekitarnya jelang kunjungan Presiden Joko Widodo, kondusif.

“Sejauh ini situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Jayawijaya dalam kondisi relatif kondusif dan terkendali,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/12/2015).

Menurut Kapolres, situasi aman itu juga karena partisipasi semua pihak yang terus mengupayakan kenyamanan di setiap lingkungan.

Untuk memastikan hal tersebut, siang tadi Kapolres Semmy mengundang para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda Jayawijaya bertatap muka di aula rapat Polres Jayawijaya.

Pertemuan ini dalam rangka pengamanan jelang kunjungan Presiden Jokowi ke Wamena.

“Kita menggelar pertemuan ini merupakan pertemuan bulanan untuk menjaga situasi Kamtibmas wilayah hukum Polres Jayawijaya, tetapi juga demi pengamanan menjelang kunjungan Presiden Jokowi,” jelasnya.

Menjaga situasi Kamtibmas di kota Wamena terjaga kondusif, selain dengan para tokoh tersebut, Polres Jayawijaya juga mengundang kelompok yang berseberangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Kapolres, Linus Hiluka, mantan Tapol Papua dengan keluarganya serta kelompok lainnya dari Kampung Piramid, diminta partisipasinya tetap menjaga keamanan bersama.

“Intinya, kami membicarakan bagaimana bersama masyarakat membantu mendukung teman-teman TNI dan Pass Pampres yang terlibat langsung untuk menjaga RI 1, supaya tugas mereka tidak terlalu berat.”

“Artinya, secara umum kita jaga situasi yang aman untuk tidak muncul potensi gangguan Kamtibmas jauh dini,” ujar Semmy.

“Harapan kami kunjungan kerja presiden di daerah ini bisa berjalan sesuai dengan rencana, terutama ketika berkunjung ke Bandara Wamena, Gedung Otonom 7 lantai dan Lapangan Pendidikan Wamena,” ungkapnya.

Kapolres juga menjelaskan mengenai keterlibatan pihaknya dalam pengamanan kunjungan presiden, Rabu (30/12/2015).

Selain personil TNI yang dibawahi langsung oleh Dandrem sebagai Dansatgas Pam dan pengamanan wilayahnya oleh Damdim 1702 sebagai Dansubsatgas, kata dia, nanti juga dibantu personil Polri dari Polda Papua dan Polres Jayawijaya.

Jelas Kapolres, dengan rincian, personil kepolisian yang akan dibantu dalam penjagaan ada 100 Brimob dari Polda Papua, 10 Polwan Polda, 9 Polwan Polres Jayawijaya dan 100 anggota Polres Jayawijaya.

“Keseluruhan personil Polri dari Polda Papua dan Polres Jayawijaya ada 219 anggota yang akan membantu pengamanan kunjungan Presiden Jokowi,” imbuhnya.

Situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Jayawijaya, kata Semmy, sejauh ini dalam kondisi relatif kondusif dan terkendali, meski akhir Desember akibat Miras ada sedikit gangguan.

“Saat ini aman terkendali, dan kami terus melakukan pengamanan bersama semua tokoh masyarakat,” pungkasnya.

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai Demokrat se-Papua Tengah Jaring Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada...

0
Grace Ludiana Boikawai, kepala Bappiluda Partai Demokrat provinsi Papua Tengah, menambahkan, informasi teknis lainnya akan disampaikan panitia dan pengurus partai Demokrat di sekretariat pendaftaran masing-masing tingkatan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.