ArsipRaker Am II Sinode Siapkan Kedudukan GKI Menghadapi MEA

Raker Am II Sinode Siapkan Kedudukan GKI Menghadapi MEA

Minggu 2016-02-21 14:38:24

MERAUKE, SUARAPAPUA.com — Bertempat di gedung gereja GKI Ottow, Merauke, Minggu (21/2/2016), Ketua BP Am Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt. Albert Yoku secara resmi membuka Rapat Kerja (Raker) Am II Sinode GKI di Tanah Papua.

Pdt. Albert Yoku usai membuka Raker Am II Sinode, mengatakan, mekanisme GKI di Tanah Papua dalam satu periode kepemimpinan diamanatkan untuk adakan Raker dua kali. Raker I dilakukan di Biak Selatan, dan saat ini adalah Raker ke II yang akan mempersiapkan segala sesuatu menyangkut sidang Sinode pada tahun 2017.

“Oleh karena itu, kehadiran kita pada saat ini, akan melakukan tugas yang besar. Pertama kita akan mengevaluasi program dan anggaran pekerjaan aras Sinode pada tahun 2015, dan kemudian kita akan menyusun program dan anggaran tahun 2016 dan 2017,” jelas Yoku di hadapan peserta dan tamu undangan di Merauke, siang tadi.

Selain itu, lanjut Yoku, dalam Raker ini akan menyusun rancangan anggaran untuk tahun 2017 menuju pada tahun 2022 mendatang.

Dengan demikian, menurutnya, Raker ini memiliki nilai yang sangat strategis, sehingga mesti diisi dengan pikiran-pikiran yang cerdas, bertanggungjawab untuk kepentingan seluruh umat GKI, struktur GKI dan bagi seluruh masyarakat Tanah Papua.

“GKI dalam Raker ini harus bisa persiapkan untuk join program dengan mitra-mitra GKI sesuai kebutuhan, terutama persiapkan kedudukan GKI di Tanah Papua untuk menghadapi masyarakat perekonomian Asia atau yang biasa disebut MEA,” tuturnya.

Yoku meminta para peserta Raker supaya kegiatan yang dimulai pada Senin besok dapat diikuti dengan baik dan seksama demi mempersiapkan seluruh hal menuju sidang Sinode GKI tahun 2017.

Sementara itu, Sularso, Wakil Bupati Kabupaten Merauke yang baru dilantik beberapa hari lalu di Jayapura, dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Merauke pihaknya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan GKI di Tanah Papua memilih kota Merauke sebagai tuan rumah Raker ini.

“Tuhan dapat memberkati bapak ibu dalam Raker ini, supaya bisa dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang strategis bagi pelayanan GKI kedepan,” ujar Sularso.

Sekedar diketahui, sebelum ibadah pembukaan, diawali dengan acara devile atau parade peserta Raker bersama masyarakat kota Merauke dari lapangan Mandala hingga ke gereja GKI Ottow. Dan Raker ini akan diselenggarakan selama beberapa hari, mulai tanggal 22 hingga berakhir pada tanggal 27 Februari mendatang.

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.