ArsipPasangan ABYU Rayakan Kemenangan PHPU Pilkada Yahukimo

Pasangan ABYU Rayakan Kemenangan PHPU Pilkada Yahukimo

Kamis 2016-01-27 12:23:57

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Ucap syukur atas perjuangan panjang Abock Busup-Yulianus Heluka (ABYU) yang berakhir dengan kemenangan di Makhamah Konstitusi (MK), diwujudkan dengan ibadah bersama keluarga, masyarakat Yahukimo dan tim pemenangan.

“Hanya puji dan syukur kepada Tuhan karena kemenangan kami sudah di tangan kami setelah MK jatuhkan putusan final,” kata Abock usai ibada syukuran di Hotel Sentani Indah, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (27/1/2016) sore.

Pada sidang pembacaan putusan final atas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (PHPU-Kada) di MK 9 Januari 2016, ujar dia, merupakan keputusan tetap dan mengikat untuk ditindaklanjuti oleh KPUD, DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo.

“Saya dan saudara Yulianus Heluka resmi sebagai pemenang Pilkada Serentak di Kabupaten Yahukimo pada tanggal 9 Desember 2015,” ujarnya.

Dari Jakarta, menurut Busup, rencananya tim akan ke Yahukimo melalui Timika. Tetapi jadwal penerbangannya harus singgah di Sentani.

“Setelah kami dengar hasil keputusan MK pada tanggal 9 Januari, dari Jakarta kami mau ke Timika dan langsung ke Yahukimo. Tetapi itu rencana manusia. Rencana Tuhan lain, kami bersama tim harus singgah di Sentani untuk lakukan pengucapan syukur,” jelasnya.

Sebagai bukti menghargai atas kesediaan menyiapkan kegiatan ibadah oleh keluarga besar bersama masyarakat Yahukimo di Jayapura, kata Busup, di tempat ini secara bersama-sama mengucap syukur dan mendengarkan Firman Tuhan agar dikuatkan olehNya dalam menjalankan tugas dan kepercayaan masyarakat Yahukimo.

Ia juga menjelaskan, hasil Pilkada di lapangan sudah menang mutlak. Pasangan David Silak-Septinus Pahabol tak puas, sehingga mengajukan gugatan di MK.

“Ya, hasil putusannya sudah kita dengar sama-sama tanggal 9 Januari. Itu keputusan final,” ujarnya dengan tegas.

Setelah pembacaan putusan MK, kata dia, selanjutnya menunggu proses pelantikan.

“Sekarang saya dan wakil bersama tim koalisi serta tim pemenangan sedang mempersiapkan untuk menuju pelantikan. Surat-surat sudah lengkap dan sedang diurus, sehingga kami siap untuk dilantik,” ujar Abock Busup.

Informasi yang didapat suarapapua.com, dalam pekan ini DPRD Yahukimo akan mengadakan sidang paripurna istimewa untuk menetapkan pasangan kandidat terpilih.

Secara terpisah, ketua Koalisi Parpol Pendukung ABYU, Arman Kelu Keroman, mengatakan, semua pihak harus mendukung putusan MK dan pasangan terpilih sekaligus mendukung program kerjanya selama lima tahun ke depan.

“Hasil keputusan MK sudah final dan kita semua telah mendengarnya. Maka, kita semua menerima dan mendukung kandidat terpilih untuk bangun Kabupaten Yahukimo,” ujarnya.

Waktu dan tempat pelantikan, kata dia, menunggu petunjuk lebih lanjut.

“Yang jelas, dari kami tim berkas-berkas sudah siap dan tinggal proses administrasi SK supaya menunggu pelantikan sesuai jadwal nasional,” kata Keroman.

Fokus SDM

Dalam sambutannya Abock Busup juga membeberkan apa saja yang akan dikerjakan selama lima tahun masa kepemimpinan.

“Setelah kami dilantik nanti, kami akan fokus dengan program kerja yang sudah kami rencanakan dalam visi dan misi saat kampanye Pilkada,” katanya.

Sebagai pemenang Pilkada serentak, ia mengaku tak ada dendam dengan lawan politik. “Sudah pasti, kami dua tidak akan balas dendam dalam mengisi birokrasi pemerintahan,” tegas Busup.

Kesuksesan ABYU, menurutnya, kesuksesan bersama. Persoalan politik sudah berakhir, semua pihak harus bergandengan tangan untuk membangun daerah dan masyarakat di segala bidang.

 

“Yang kami akan jalani selama kepemimpinan kami berdua selama lima tahun ke depan adalah fokus pada Sumber Daya Manusia (SDM) dan supaya motto kami yaitu “Yahukimo Bangkit” dapat terwujud,” tutur Busup.

Dengan fokus memperhatikan SDM ke depan, ia yakin masa depan makin cerah. “Sebab, generasi muda yang akan membangun Yahukimo ke depan. Oleh karena itu, dana studi akan kami alokasikan sebelum waktu pembayaran berakhir,” janjinya.

Editor: Mary

ARDI BAYAGE

Terkini

Populer Minggu Ini:

Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

0
“Kami bersama AMAN Sorong Raya akan melakukan upaya-upaya agar Perda PPMHA  yang telah diterbitkan oleh beberapa kabupaten ini dapat direvisi. Untuk itu, sangat penting semua pihak duduk bersama dan membicarakan agar Perda PPMHA bisa lebih terarah dan terfokus,” ujar Ayub Paa.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.