ArsipTerjadi Lagi, Pembunuhan Misterius Anggota KNPB Yahukimo

Terjadi Lagi, Pembunuhan Misterius Anggota KNPB Yahukimo

Jumat 2015-03-13 10:24:50

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Pembunuhan misterius terjadi lagi di Papua. Salah satu anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Yahukimo, Deni Bahabol dibunuh secara tidak manusiawi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ericron Suhun seperti ditulis dalam akun blog pribadinya, ericsonsuhun.wordpress.com, Kamis (12/3/2015) saat dikonfirmasi soal kasus tersebut kepada suarapapua.com, Jumat (13/3/2015) siang ini..

 

Ini Kronologis Singkatnya

 

Kejadian tersebut sebelum badan pengurus KNPB Wilayah Yahukimo, Rabu, 4 Maret 2015, memediasi 5.000 Rakyat Yahukimo, mendukung kampanye Papua Merdeka di Afrika Selatan oleh Benny Wenda.

 

Dijelaskan, saat mendukung kampanye Papua Merdeka di Afrika Selatan, Badan Pengurus KNPB Wilayah Yahukimo dalam rapat yang sudah diselenggarakan memutuskan untuk turun aksi di jalan dan memberikan kepercayaan kepada Deni Bahabol untuk menjadi Koordinator Lapangan (Korlap) agar mengarahkan massa aksi ke titik sentral kantor Bupati Yahukimo di Dekai. Selama sehari penuh Bahabol memimpin massa aksi dengan aman sampai selesai.

 

Hari berikutnya, Jumat 6 Maret 2015 pagi, Bahabol keluar dari kediamannya menuju ke Sekretariat KNPB. Dalam perjalanan di pinggir sungai Brazza, Bahabol dikepung oleh oknum-oknum tertentu. Ia lalu disiksa dan dipukul kemudian ditenggelamkan di sungai Brazza.

 

Setelah ditenggelamkan selama 4 hari, mayatnya terhanyut air sampai ditemukan oleh masyarakat asli Momuna di Kampung Patipi wilayah Kabupaten Asmat.

 

Mayatnya diantarkan oleh seorang nelayan setempat dan langsung dibawa ke UGD Rumah Sakit Dekai untuk diketahui siapa keluarga dan pihak korban tersebut, Selasa (10/3/2015). Setelah sore harinya baru dipastikan bahwa mayat tersebut adalah Deni Bahabol, anggota KNPB Yahukimo.

 

Data yang diperoleh dari beberapa sumber, pihak keluarga dan KNPB sedang berusaha mewawancarai warga asli Momuna dan pihak Kepolisian Indonesia untuk mencari kejelasan terkait insiden tersebut. Namun belum mendapat informasi lengkap terkait siapa pelaku pembunuhan Deni Bahabol.

 

Biodata Korban

Nama Lengkap : Deni Bahabol

TTL                  : Bangga, 17 Februari 1998

Jenis Kelamin   : Laki-laki

Jabatan            : Anggota KNPB Yahukimo

Pendidikan       : Siswa SMA Dekai Yahokimo

 

MIKAEL KUDIAI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Bawaslu Lanny Jaya Minta KPU Perhatikan 30% Perempuan Dalam Perekrutan PPD

0
"Bawaslu sudah sarankan agar ukur kinerja sebagai bentuk bahan evaluasi, apakah PPD telah melakukan tugas sesuai aturan yaitu netral, jujur, adil dan profesional atau tidak. Jika PPD terlibat melakukan hal-hal di luar aturan itu harus menjadi pertimbangan, catatan penting. Bawaslu minta mempertimbangkan dan memutuskan karena banyak yang melakukan pelanggaran, tidak netral, pemicu masalah itu harus menjadi catatan penting bagi KPU untuk evaluasi total. Yang ada noda tidak perlu diakomodir lagi," tutur Dujan Kogoya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.