ArsipGideon Meosido, Mahasiswa Papua di Jerman yang Ikut Germany Idol 2015

Gideon Meosido, Mahasiswa Papua di Jerman yang Ikut Germany Idol 2015

Kamis 2015-09-24 09:27:27

JERMAN, SUARAPAPUA.com — Gideon Rikhard Munsyof Meosido, putra asal Tanah Papua, yang sedang menempuh pendidikan di negara Jerman sejak tiga tahun lalu membuat suatu gebrakan dengan mengikuti ajang bergengsi tahunan, yaitu Germany Idol 2015.

Ketika audisi awal dilakukan di kota Leipzig, Jerman, tanggal 5 September 2015 lalu, Gide –sapaan akrab Gideon– lolos mewakili kota tersebut bersama dua kontestan dari Leipzig, mengalahkan sepuluh kontestan lainnya.

 

Ia pun mewakili kota Leipzig ke wilayah Jerman Barat, tepatnya di kota Koln. Dimana tanggal 19 September 2015 masuk karantina bersaing dengan kontestan dari kota besar lainnya di Jerman.

 

Gide pun berhasil ketika casting dengan juri utama untuk nantinya shooting pertama di Radio Television Luxemburg (RTL), yang adalah penyelenggara Germany Idol pada tanggal 10 Oktober 2015. Dan tanggal 10 merupakan babak penting untuk masuk ke babak Recall.

 

Kepada suarapapua.com melalui pesan elektronik, Rabu (24/9/2015), Gide mengaku bangga bisa lolos mewakili kota Leipzig ke babak berikut di kota Koln.

 

Ia juga bangga karena bukan warga asli Jerman, tetapi bisa lolos mengalahkan kontestan yang adalah warga negara Jerman.

 

Gide yang kuliah di Fakultas Sosial Works Medien Culture di Merseburg University of Applied of Sciences, German ini mengatakan, dalam mengikuti Germany Idol, ia ingin meningkatkan pengalaman yang lebih tinggi untuk nantinya bisa bersaing dengan orang lain.

 

“Saya ingin cari pengalaman yang lebih untuk siap bersaing di kancah internasional, walaupun saya datang dari Indonesia, khususnya Tanah Papua,” kata Gide.

 

Selain motivasinya untuk bersaing di kancah internasiona, ia berharap supaya dalam ajang Germany Idol bisa lolos hingga babak lima top atau lima besar.

 

“Saya berharap bisa masuk hingga top 5 Germany Idol. Saya juga berharap dukungan doa dari masyarakat Papua,” ujarnya.

 

Ketika ditanya lebih jauh, Gide enggan berkomentar banyak. Ia hanya mengatakan, “Hanya coba-coba saja.”

 

Sementara itu, Fany Betario Akwan Hetharuam, rekan Gide pada dinding facebook Gideon Meosido menulis memberikan dukungan dan dengan doa.

 

“God be with you. Ingat, selalu utamakan Tuhan. Saya akan berdoa untukmu!” tulis Fanny.

 

Senada disampaikan, Hani Edmond Heretringgi Tomasoa. “Doa dan dukungan kami ada bersamamu,” tulis Hani.

 

Untuk diketahui, kontestan yang mengikuti Germany Idol tahun 2015 tidak hanya dari warga negara Jerman, ada warga negara Indonesia, yaitu Gideon dan yang lainnya berasal dari Italia, Turky dan Rusia.

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.