ArsipBanjir dan Longsor Datang Karena Buang Sampah Tak Karuan

Banjir dan Longsor Datang Karena Buang Sampah Tak Karuan

Kamis 2014-03-06 13:17:00

PAPUAN, Jayapura — Para Juru Parkir yang sering menjaga parkiran di sepanjang Lingkarang hingga Kali Acai telah melakukan pembersihah sampah-sampah di selokan-selokan yang sering menyebabkan kebanjiran di sepanjang jalan raya Abepura Jayapura.

"Kami melakukan pembersihan got dan parit agar air tidak tergenang dan menimbulkan banjir lagi,  soalnya sampah-sampah yang dibuang sembarangan ini yang menyebabkan got dan parit tersumbat sehingga selalu terjadi banjir di tempat ini,” Kata Marsel Alua, Koordinator Jukir di Abepura pada Rabu (5/3/2014) di Abepura.

Banyak kotoran sampah tak menurunkan niat anak-anak juru parkir untuk membersihkan gorong-gorong dan selokan-selokan yang tersumbat akibat sampah-sampah yang menumpuk di sekitar Lingkaran hingga jembatan kali Acai, Abepura.

“ Pembersihan yang kami lakukan ini inisiatif dari kami sendiri dan teman-teman parkir yang berada di sekitar abe lingkaran ini. Menurut Marsel, Banjior yang sering terjadi di Kota Jayapura ini adalah akibat dari buang sampah sebarang. Dan longsor yang terjadi baru-baru ini karena hutan-hutan ditebang habi.

Jadi kami berharap supaya kita semua yang tinggal di Kota Jayapura ini wajib menjaga kota ini agar tidak longsor dan banjir," tutur Marsel.

Kegiatan yang dilakukan anak-anak juru parkir ini mendapat simpati dari penguna jalan baik roda dua maupun roda empat. “ kami sangat berterima kasih  kepada anak-anak parkir dengan inisiatif mereka membersikan gorong-gorong yang sering tersumbat ini, sehingga tidak terjadi kemacetan akibat  air tergenang di jalan raya.” Ungkap salah satu supir angkot Jurusan Lingkaran – Kotaraja Dalam, bernama Usman.

Kiranya dengan inisiatif dan kesadaran dari anak-anak parkir ini pemerintah dan dinas yang berkaitan bisa melihat lansung dan bekerja lebih efektif untuk mencegah banjir dan longsor di Kota Jayapura.

 

AGUS PABIKA

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP: Aneksasi Papua Ke Dalam Indonesia Adalah Ilegal!

0
Tidak Sah semua klaim yang dibuat oleh pemerintah Indonesia mengenai status tanah Papua sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena tidak memiliki bukti- bukti sejarah yang otentik, murni dan sejati dan bahwa bangsa Papua Barat telah sungguh-sungguh memiliki kedaulatan sebagai suatu bangsa yang merdeka sederajat dengan bangsa- bangsa lain di muka bumi sejak tanggal 1 Desember 1961.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.