Antisipasi Covid-19, Pemkab Yahukimo Gelar Rapat Koordinasi

0
1331

DEKAI, SUARAPAPUA.com— Pemerintah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo menggelar rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Aula Dinas Kesehatan Yahukimo pada Rabu, (11/3/2020).

Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah Kabupaten Yahukimo, Elai Giban, usai mengikuti rapat menjelaskan, pihaknya melaksanakan rapat koordinasi untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona ke Yahukimo. Selain itu atas perintah pemerintah pusat untuk melaksanakan koordinasi tingkat Provinsi maupun Kabupaten.

Dikatakan, pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektoral sekaligus dengan pembentukan tim yang melibatkan seluruh stekholder yang ada di Kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  Sebanyak 127 Peserta Memulai Program Pelatihan di Institut Pertambangan Nemangkawi

Langkah awal yang dilakukan untuk mengantisipasi adalah membuka posko di dua pintu masuk utama, dan melakukan sosialisasi ke setiap sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, puskesmas, dan memberikan posyandu kepada masyarakat.

“Langkah awal kita buka posko di bandara dan pelabuhan. Setelah itu melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, gereja, masjid, rumah sakit, dan puskesmas,” jelasnya.

ads
Baca Juga:  Alpius Yigibalom Datangkan Prof. Yohanes Surya untuk Melatih Guru-guru di Lanny Jaya

Giban menambahkan, angka kematian akibat teriveksi virus corona sudah ada. Ia mengimbau seluruh masyarakat Yahukimo agar tetap waspada, dan menjaga kesehatan baik kesehatan diri maupun lingkungan masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Suhayatno mengatakan, dalam rapat koordinasi pihaknya telah bentuk tim tanggap cepat yaitu tim yang akan terbentuk secara insidentil ketika terjadi sesuatu yang tidak inginkan bersama, dan tim ini akan bergerak cepat secara sektoral.

Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Intan Jaya Teken MoU dengan Kampus IPB Bogor

Suhayatno menambahkan, tim ini akan ditempatkan di tempat-tempat pintu masuk utama yaitu bandara Dekai dan pelabuhan Logbon.

“Kita akan cegah semua karena ini adalah kepedulian kita, tanggung jawab kita bersama, untuk bagaimana jangan sampai virus itu masuk di kabupaten yahukimo,” jelasnya.

Ia meminta agar  masyarakat selalu mencuci tangan untuk melakukan pola hidup yang sehat, dan bersama-sama melawan Covid-19.

Pewarta : Ruland Kabak
Editor : Arnold Belau

Artikel sebelumnyaBupati Tabuni: Tidak Ada ASN yang Non Job di Intan Jaya
Artikel berikutnyaStuden From Nduga Kambek Egen Apim Pois