Nasional & DuniaFestival Pasifika Auckland Dibatalkan di Tengah Ketakutan Coronavirus

Festival Pasifika Auckland Dibatalkan di Tengah Ketakutan Coronavirus

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Festival Pasifika dua hari di Auckland yang diharapkan menarik setidaknya 60.000 orang ke taman Western Springs, telah dibatalkan karena kekhawatiran tentang coronavirus (Covid-19).

Di Selandia Baru ada lima kasus virus di wilayah Auckland.

Lebih dari 400 seniman lokal dan internasional hadir untuk tampil di festival yang direncanakan dimulai besok.

Baca juga: Enam Dikarantina di Fiji, Negara-negara Pasifik Siaga Virus Corona

Ini adalah tahun kedua festival Pasifika yang telah dibatalkan, setelah acara tahun lalu dibatalkan juga karena serangan teroris 15 Maret di Christchurch.

Baca Juga:  Angkatan Bersenjata Selandia Baru Tiba di Honiara Guna Mendukung Demokrasi Pemilu Solomon

Ada kekhawatiran awal pekan ini bahwa hal itu akan dibatalkan lagi, tetapi diberikan semua yang jelas untuk melanjutkan pada hari Selasa, dengan pihak berwenang sebaliknya memperingatkan siapa saja yang merasa sakit untuk tinggal di rumah.

Walikota Auckland Phil Goff hari ini mengatakan keputusan untuk membatalkan Pasifika dibuat setelah diskusi dengan Perdana Menteri Jacinda Ardern dan Komisaris Tinggi Samoa.

Baca Juga:  Mantan PM Fiji Frank Bainimarama Dipenjara

Semalam, Komite Kabinet Covid-19 bertemu dan mempertimbangkan masalah ini, dan sarannya adalah untuk membatalkan, berdasarkan kekhawatiran dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan dan Kementerian Bisnis, Inovasi dan Ketenagakerjaan.

“Sementara saran Kementerian Kesehatan terbaru adalah bahwa Selandia Baru tidak memiliki wabah komunitas Covid-19 dan risiko wabah komunitas tetap rendah, keprihatinan khusus Dewan Auckland dan Komite Kabinet adalah tentang risiko virus ditularkan ke Kepulauan Pasifik oleh peserta Festival,” kata Goff.

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Baca juga: PM Selandia Baru Dinobatkan Sebagai ‘Tokoh Pasifik Tahun Ini’

Sementara itu, koordinator acara Canterbury Polyfest Melisa Stanley-Vanhorn telah mengkonfirmasi kepada RNZ Pacific bahwa akhir pekan ini masih akan berlangsung, meskipun ada pembatalan Pasifika.

Lebih dari 700 siswa diperkirakan akan tampil di Dallington, Christchurch.

Kemarin adalah hari kelima dikonfirmasih bahwa tidak ada kasus baru yang dikonfirmasi di Selandia Baru.

 

Sumber: radionz.co. nz
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pembagian Paket Tidak Transparan Bagi Pengusaha Asli Papua

0
"Kami datang ke sini karena kami rasakan pembagian kuota pekerjaan barang dan jasa selama ini kepada pengusaha asli Papua tidak transparan dan tidak adil dalam pembagiannya," ujar Pilemon Ulimpa.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.