BeritaKomite Aksi ULMWP: Selamat Kepada PM Vanuatu dan Tak Lupa West Papua

Komite Aksi ULMWP: Selamat Kepada PM Vanuatu dan Tak Lupa West Papua

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Ketua Komite Aksi Unitet Liberation Muvement for West Papua (ULMWP), Serogo Walela, menyampaikan selamat atas terpilihnya Bob Loughman sebagai Perdana Mentri Vanuatu.

Ucapan selamat tersebut disampaikan usai diskusi yang berlangsung selama dua hari, Sabtu – Minggu (30-31/5/2020) di Wamena.

“Dalam dua hari ini ini kami lakukan diskusi, dan diskusi yang kami lakukan ini dalam rangka menyampaikan bagaimana kita mengekspresikan ucapan selamat kita atas terpilihnya Bob Loughman sebagai Perdana Menteri Vanuatu,” kata Walela kepada suarapapua.com di Wamena, usai diskusi, Minggu (31/5/2020).

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

Dirinya selaku Ketua Komite Aksi ULMWP berharap agar Bob Laughman sebagai kepala pemerintahan Venuatu yang baru tidak melupakan dan terus mendukung bangsa West Papua melalui pimpinan ULMWP.

Selain itu kata Serogo, dalam diskusi pihaknya membahas hal-hal yang berkaitan dengan strategi politik untuk meningkatkan perjuangan politik West Papua, tetapi juga memberikan pemahaman politik dalam menyatukan barisan mendukung kerja-kerja atau upaya perjungan yang dilakukan pimpinan ULMWP sebagai payung politik pembebasan bangsa West Papua.

Baca Juga:  Kronologis Tertembaknya Dua Anak Oleh Peluru Aparat di Sugapa, Intan Jaya

“Diskusi seperti ini dilakukan di beberapa tempat dan Wilayah Laapago. Semua ini dilakukan hanya untuk membangun satu kesatuan dalam wadah politik ULMWP.”

Sebelumnya, ULMWP menyampaikan selamat kepada Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman yang telah terpilih dan menjabat sebagai Perdana Menteri Vanuatu usai mengantikan Carlot Salwai dari posisi PM dalam pemilihan baru-baru ini.

Baca Juga:  KPU Papua Terpaksa Ambil Alih Pleno Tingkat Kota Jayapura

“Dari kemerdekaan Vanuatu pada 1980 hingga hari ini, Anda (Vanuatu) dan partai Anda telah berdiri dalam solidaritas dengan kami (West Papua), bergandengan tangan dengan orang-orang, gereja, dan pemimpin tradisional Vanuatu. Saya dan Eksekutif ULMWP berharap dapat bekerja sama dengan Anda dan pemerintah Anda dalam perjuangan anti-kolonial yang bersejarah,” kata Wenda.

Pewarta: Onoy Lokobal

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Orang Mee dan Moni Saudara, Segera Hentikan Pertikaian!

0
“Kami tegaskan, jangan terjadi permusuhan sampai konflik diantara orang Mee dan Moni. Semua masyarakat harus tenang. Jangan saling dendam. Mee dan Moni satu keluarga. Saudara dekat. Cukup, jangan lanjutkan kasus seperti ini di Nabire, dan di daerah lain pun tidak usah respons secara berlebihan. Kita segera damaikan. Kasus seperti ini jangan terulang lagi,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.