BeritaWarga Minta Bangunkan Pasar Ikan di Pantai Holtekamp

Warga Minta Bangunkan Pasar Ikan di Pantai Holtekamp

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Warga masyarakat Port Numbay dari kampung Engros dan Tobati mengusulkan adanya pasar tradisional khusus untuk menjual hasil tangkapan laut dan hasil kerajinan tangan dari mama-mama Port Numbay.

Hal tersebut disampaikan mama Nonce Hanasbey ketika diwawancarai suarapapua.com di jembatan Youtefa saat menjual ikan hasil tangkapan nelayan di pinggir jalan, Selasa, (21/7/2020).

Ia mengakui telah mengusulkan agar pihaknya memiliki pasar tradisional khusus dalam kegiatan Musrembang kampung, dimana dengan harapan dapat diperioritaskan bagi mereka untuk dapat berjualan dengan nyaman.

Baca Juga:  ULMWP Desak Dewan HAM PBB Membentuk Tim Investigasi HAM Ke Tanah Papua

“Kami ingin sekali punya pasar khusus, dimana yang berjualan di sini hanya orang-orang dari kampung Engros dan Tobati saja,” kata mama Nonce.

Ia menyatakan, pihaknya perna mengusulkan maksud ini dalam Musrembang kampung, namun sejauh ini belum juga direalisasikan.

“Usulan ini sudah kami ajukan tahun kemarin bulan Desember, namun hingga saat ini tidak ada tanda-tanda. Awalnya kami ingin dibangunkan pasar di pantai Ciberry, namun tidak ada tanggapan sampai sekarang,” katanya.

Lanjutnya, usulan tersebut diajukan mama-mama karena Holtekamp sangat strategis, yang mana dekat dengan jalan utama. Selain itu tempat rekreasi, sehingga banyak pembeli yang datang berbelanja.

Baca Juga:  Raih Gelar Doktor, Begini Pesan Aloysius Giyai Demi Pelayanan Kesehatan di Papua

“Di sini juga kami jual ikan segar-segar hasil tangkapan laut dari anak-anak kami, dan kami langsung jual. Ada juga kerang dan kerajinan tangan dari kulit kerang yang dijual mama-mama Engros-Tobati,” tuturnya.

Ia berharap pasar khusus tersebut dapat dibangun segera, agar masyarakat bisa berjualan di tempat yang nyaman. Tidak harus berdiri di pinggir jalan raya dan tada panas.

Baca Juga:  PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap Mengikuti UKW

Sebelumnya, Ketua Pokja Perempuan MRP, Nerlince Wamuar, mengatakan pihaknya bersama masyarakat Port Numbay yang sering berjualan di pinggiran jalan pantai Holtekamp akan dibangunkan pasar di wilayah tersebut.

“Kami akan bangun pasar disekitaran pantai Holtekamp dan mama-mama dari Engros dan Tobati juga bisa berjualan disitu dengan aman,” katanya.

Menurutnya, selama ini mama-mama Port Numbay berjualan di sekitar pantai Holtekamp dengan tempat jualan yang tidak representatif.

Pewarta : Agus Pabika
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.