Tanah PapuaLa PagoJW Sagu dan PPMN Latih 14 Orang Menulis Berita

JW Sagu dan PPMN Latih 14 Orang Menulis Berita

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Jurnalis Warga Sagu Yahukimo bekerjasama Perwakilan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) melaksanakan pelatihan jurnalis kepada empat belas orang di gedung Susteran Gereja St. Yosep Dekai Yahukimo, Sabtu (3/10/2020.

Ence Geong, perwakilan PPMN mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan dengan tujuan guna meningkatkan kapasitas jurnalis warga di Dekai Yahukimo. Kegiatanya dilakukan setiap tahun sejak wadah tersebut dibentuk.

“Fokus kali ini karena menjelang Pilkada, maka kita fokus mendampingi JW dalam meliput soal Pilkada. Karena selama ini kan tentang hal-hal umum saja, tidak khusus. Jadi sekarang kita coba masuk ke isu Pilkada, seperti tahapan-tahapan dan Kampanye,” kata Ence Geong.

Baca Juga:  Atasi Konflik Papua, JDP Desak Pemerintah Buka Ruang Dialog

Apa yang dilakukan JW kata Ence, sebagai bagian dari partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan proses Pilkada, sehingga Pilkada bisa berjalan dengan demokratis.

“Hak-hak masyarakat itu tidak dilanggar dan juga proses Pilkada bisa berjalan sukses dalam kondisi aman dan damai.”

Ia lalu mengapresiasi semangat JW yang mana awalnya ditargetkan hanya 10 orang, tetapi yang mengikuti pelatihan sebanyak 14 orang.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

“Ada anggota JW perempuan dan diharapkan memang perempuan lebih banyak lagi. Karena selama ini jurnalis warga di sini kami kurang sukses mendampingi perempuan.”

“Hanya memang ini baru awal, waktu yang akan menentukan apakah mereka terus rajin mengikuti, rajin membuat liputan.  Itu yang paling penting! Pelatihan ini hanya membantu, selanjutnya tergantung setiap pribadi bagaimana mengembangkan diri dan kita tetap mendampingi,” tukasnya.

Baca Juga:  Yakobus Dumupa Nyatakan Siap Maju di Pemilihan Gubernur Papua Tengah

Natan Kabak, salah satu peserta berharap kedepan terus fokus mengikuti pelatihan-pelatihan JW, agar bisa lebih maju dalam dunia jurnalistik.

“Saya berharap lebih fokus lagi. Mudah-mudahan kami juga seperti abang-abang yang lain, dan terima kasih juga kepada abang-abang yang membimbing kami dalam pelatihan ini,” pungkasnya.

 

Pewarta: Atamus Kepno

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.