DPMK Paniai Salurkan BLT Dana Desa Tahap Dua

0
855

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) kabupaten Paniai telah menyalurkan dana desa tahap dua tahun anggaran 2020 yang dialokasikan sebagai bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat terdampak virus Corona di 2016 kampung yang terdapat di wilayah tersebut.

Kepala dinas DPMK Paniai, Albert Adii, mengatakan pihaknya telah melangsungkan pencarian sejak minggu lalu, 9 November 2020, dan direncanakan selesai minggu besok (minggu kedua bulan November).

“Pencairan dilakukan per distrik. Sampai minggu ini 15 distrik sudah kami salurkan. Itu sesuai rencan kami. Yang belum sembilan distrik, kami akan lanjut minggu besok,” kata Adii kepada suarapapua.com, Jumat (13/11/2020), di Madi, Paniai.

Baca Juga:  Mahasiswa Bersama Rakyat Papua Tolak Investasi Blok Wabu Intan Jaya

Adii katakan, desa yang telah menerima dana tersebut adalah desa yang laporan pertanggungjawabannya lengkap. Sehingga bila desa di sembilan distrik yang belum terima, pihaknya temukan LPJ tidak lengkap, tidak akan dilayani.

“Karena penyaluran ini tergantung laporan pertanggungjawaban. Sehingga bagi desa yang belum lengkap, tetap kami tidak akan layani. Harus lengkap baru bisa,” tegasnya.

ads

Besar dana diterima tiap kampung sama yakni 40 persen terdiri dari salur 1, 2 dan 3.

Baca Juga:  ULMWP: Selamat Jalan Tuan Lukas Enembe, Pemimpin dan Tokoh Peradaban Papua

“Ditahap pertama lalu, kami salurkan dana BLT ini per salur. Tapi dengan pertimbangan waktu dari letak geografis daerah Paniai yang tidak memungkinkan, tahap kedua ini salur 1, 2 dan 3, kami salurkan satu kali,” jelasnya.

Lanjutnya, “Dan untuk besar dana yang akan diterima penerima manfaat, kalau di tahap pertama satu keluarga per salur Rp 600 ribu, di tahap kedua ini Rp 300 ribu. Sehingga nanti per keluarga dapat Rp 900 ribu.”

Untuk pencairan sendiri, Adii mengakui, dilakukan pada bulan ini karena terkendala di efektivitas kerja akibat adanya virus Corona yang membuat semua orang mawas diri.

Baca Juga:  LMA Malamoi Fokus Pemetaan Wildat dan Perda MHA

“Meski begitu syukur penyaluran sampai sekarang masih berjalan lancar. Saya harap semoga melalui dana ini, kita terutama keluarga yang benar-benar miskin dapat terbantu,” harapnya.

Diharapkannya juga semua stakeholder terkait dari pemerintahan kampung, distrik dan pihaknya berpadu mengawal dana disalurkan tersebut agar dapat tersalur benar ke penerima manfaat.

Untuk diketahui, BLT dana desa tahap tiga akan disalurkan awal tahun 2021 (Januari), dengan besar anggaran tiap kampung 20 persen.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaIni Pesan John NR Gobai di Musdat Paniai
Artikel berikutnyaBawaslu dan UNAIM Yapis Wamenda Teken MoU