BeritaPMKRI Jayawijaya Bantu Umat Renovasi Gedung Gereja Stasi Gume Tiom

PMKRI Jayawijaya Bantu Umat Renovasi Gedung Gereja Stasi Gume Tiom

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) cabang Jayawijaya turut mengambil bagian membantu panitia bersama umat untuk merenovasi gedung Gereja Katolik Stasi Gume Tiom, Balingga, kabupaten Lanny Jaya.

Gereja ini berada dalam wilayah Paroki St. Stefanus Kimbim Wogi, dekenat Pegunungan Tengah Papua, keuskupan Jayapura, yang terletak di kampung Dewaka, distrik Balingga, kabupaten Lanny Jaya.

Arianus Lokobal, ketua presidium PMKRI cabang Jayawijaya, menjelaskan, rencana umat setempat merenovasi gedung gereja diperoleh dari Amatus Yelipele, anggota PMKRI.

“Teman kami Amatus Yelipele dipilih sebagai panitia oleh umat setempat untuk renovasi gedung gereja Stasi Gume Tiom. Umat di sana memang butuh bantuan untuk merenovasi gedung gerejanya,” kata Arianus kepada suarapapua.com baru-baru ini di Wamena.

Baca Juga:  Aksi Hari Aneksasi di Manokwari Dihadang Aparat, Pernyataan Dibacakan di Jalan

PMKRI menindaklanjutinya dengan mengadakan pertemuan di sekretariat yang dihadiri pengurus bersama seluruh anggota PMKRI dan disepakati untuk mengunjungi umat Katolik di Stasi Gume.

“PMKRI bekerja sama dengan panitia dalam proses renovasi gedung gereja hingga selesai. Sekaligus wujud persahabatan PMKRI dengan umat Katolik di kabupaten Lanny Jaya,” jelasnya.

Gedung gereja yang dibangun sejak tahun 1992 mengalami kerusakan cukup parah dan tidak layak digunakan lagi. Kata Lokobal, beberapa lantai dan dinding gedung rusak berat. Di bagian depan altar, sebagian sudah lapuk. Beberapa bingkai kaca dan cat dinding juga hancur.

Baca Juga:  57 Tahun Freeport Indonesia Berkarya

“Gedungnya sudah tidak layak digunakan. Jadi, kurang lebih dua minggu kami lakukan renovasi dan setelah semua selesai baru kembali ke Wamena,” kata Arianus.

Ia menambahkan, gagasan sekaligus tindakan ini juga bukti kepedulian PMKRI sekaligus memberikan motivasi kepada umat Tuhan di Stasi Gume Tiom.

Amatus Yelipele, ketua panitia renovasi, mengapresiasi pengurus dan anggota PMKRI cabang Jayawijaya yang punya niat baik untuk membantu umat setempat merenovasi gedung gereja Stasi Gume.

Baca Juga:  PT Eya Aviation Indonesia Layani Penerbangan Subsidi Wamena-Tolikara

“Kami mendapat semangat luar biasa dari organisasi PMKRI Jayawijaya yang bersedia untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan renovasi gedung gereja kami,” ucapnya.

Amatus memastikan kegiatan renovasi dikerjakan hingga tuntas sesuai rencana awal. Pekerjaannya telah dimulai sejak 24 November 2020.

“Ada tiga orang tukang, jadi kami bagi tugas. Teman-teman PMKRI lain mendampingi kami tiga,” kata Kletus Elopere, seorang tukang lokal.

Perayaan natal tahun ini akan diadakan di gedung gereja yang baru saja direnovasi.

Pewarta: Onoy Lokobal
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

0
“Aksi ini untuk mendukung sidang DKPP atas pengaduan Gerats Nepsan selaku peserta seleksi anggota KPU Yahukimo yang haknya dirugikan oleh Timsel pada tahun 2023. Dari semua tahapan pemilihan komisioner KPU hingga kinerjanya kami menilai tidak netral, sehingga kami yang peduli dengan demokrasi melakukan aksi di sini. Kami berharap ada putusan yang adil agar Pilkada besok diselenggarakan oleh komisioner yang netral,” kata Senat Worone Busub, koordinator lapangan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.