Tanah PapuaMeepagoBupati Paniai Lantik 13 Pejabat Eselon II, Ini Nama dan Jabatannya

Bupati Paniai Lantik 13 Pejabat Eselon II, Ini Nama dan Jabatannya

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Meki Nawipa, bupati kabupaten Paniai, secara resmi melantik 13 orang di jabatan struktural pejabat pimpinan tinggi pratama kepala organisasi perangkat daerah (OPD) atau pejabat eselon II di lingkungan pemerintahannya, Jumat (19/3/2020), di aula kantor Bupati Paniai.

Acara diawali upacara pengambilan sumpah dan janji jabatan itu dihadiri para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten Paniai, diantaranya Kapolres Paniai yang diwakili Wakapolres AKP Mardi Marpaung, Danramil 1705-02 Paniai Mayor Cba (K) Marina Rumawak, ketua DPRD Paniai Sem Nawipa, perwira penghubung (Pabung), para ASN, kepala suku, dan simpatisan.

Para pejabat yang dilantik terdiri dari enam kepala OPD, tiga asisten, dan tiga staf ahli.

Usai memimpin pengambilan sumpah dan janji jabatan, bupati Meki Nawipa mengatakan, pelantikan tersebut setelah melewati prosedur Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang sangat ketat mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Setidaknya Paniai ada kemajuan dalam birokrasi pemerintahan. Kita telah memenuhi prosedur KASN yang prosesnya panjang dan sangat ketat sesuai aturan perundangan yang berlaku,” ujarnya.

Menurut Meki, untuk mendapatkan jabatan tak semudah dulu. Banyak syarat harus dipenuhi, salah satunya adalah memiliki sertifikat Kepemimpinan tingkat II-IV (PIM II, III, IV).

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

“Semua sekarang mengacu pada aturan ini dari pemerintah pusat sampai kabupaten. Dan 13 pejabat ini sudah memenuhi, makanya mereka, saya lantik.”

Sesuai aturan KASN yang diberlakukan kini, ujar Nawipa, 13 orang tersebut bukan dilantik semau pimpinan daerah.

“Mungkin banyak yang kecewa, tetapi semua kita mengacu pada aturan. Tidak bisa saya bupati jadi mau tunjuk seenak. Itu dulu, sekarang sudah tidak,” tegasnya.

Untuk itu, para ASN yang ada diminta mempersiapkan diri karena dalam waktu dekat akan dilakukan seleksi jabatan di 21 dinas dan badan yang belum dilantik.

“Masih ada 21 jabatan eselon dua. Kami akan buka pendaftaran. Yang merasa punya sertifikat PIM bisa daftar karena dibuka untuk umum. Tetapi yang belum, saya akan usahakan bikin pelatihan supaya bisa dapat dan ikut seleksi,” kata Nawipa.

Pelantikan menurutnya, ada sebanyak 15 orang. Tetapi karena tiga lainnya yakni sekretaris daerah (Sekda), Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (KasatPol PP), serta Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) terkendala, sehingga tidak dilantik bersamaan.

Baca Juga:  Tak Patuhi Aturan, 38 Anggota PPD di Intan Jaya Diberhentikan Sementara

“Untuk Sekda ini harus ada rekomendasi dari Gubernur. Karena belum, makanya belum saya lantik. Untuk kepala SatPol PP dan Kominfo juga sama. Ada kendala yang mesti dibereskan,” bebernya.

Mengakhiri sambutan, 13 orang yang dilantik diminta Meki Nawipa agar dapat menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh untuk menterjemahkan visi misinya dalam melayani masyarakat di kabupaten Paniai.

“Jangan saya keluar daerah, semua keluar. Saya ada, semua ada. Mulai sekarang tidak boleh. Kalian sekarang punya SK definitif, bukan Plt lagi. Jadi, harus jalankan tugas baik. Jangan kerja untuk kejar uang. Saya paling tidak suka,” harapnya.

Agustinus Kudiai, kepala dinas Sosial dan Tenaga Kerja kabupaten Paniai yang baru dilantik, usai acara pelantikan, mengatakan, tugas yang diberikan akan dikerjakan dengan penuh tanggung jawab.

“Apapun yang menjadi tugas dan tanggung jawab saya, tetap akan saya kerjakan. Semua bawahan saya akan saya libatkan. Intinya, bagaimana membuat masyarakat bisa merasakan pelayanan dari kami,” ujarnya kepada suarapapua.com.

Baca Juga:  PTFI Bina Pengusaha Muda Papua Melalui Papuan Bridge Program

Berikut nama 13 orang tersebut beserta jabatannya:

1. Ham Nawipa, sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) kabupaten Paniai
2. Agustinus Kudiai, kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja kabupaten Paniai
3. Martinus Yukei, kepala Dinas Kesehatan kabupaten Paniai
4. Frans Kalalembang, staf ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik kabupaten Paniai
5. Usmar Bujang, staf ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia kabupaten Paniai
6. Alexander Manansang, kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kabupaten Paniai
7. Thomas Yeimo, asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Paniai
8. Soleman Boma, asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda kabupaten Paniai
9. Agnes Ernawati, asisten III bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Paniai
10. Albertus Adii, kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Paniai
11. Yuliana R. Patandianan, Kepala Dinas Perikanan kabupaten Paniai
12. Denci Meri Nawipa, kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kabupaten Paniai
13. Martinus Muyapa, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Paniai

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Manasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

0
“Saya sangat menyadari tantangan yang ada dan saya tahu bahwa terkadang hal ini dapat menjadi beban dan kesepian; namun saya yakin bahwa saya terhibur dengan kebijakan yang baik yang kami miliki dan solidaritas dalam koalisi kami.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.