BeritaDua Mesin PLN Enarotali Rusak Lagi

Dua Mesin PLN Enarotali Rusak Lagi

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Dua dari tiga mesin listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) Enarotali, kabupaten Paniai, yang sebelumnya sering rusak, kembali mengalami kerusakan pada Selasa (6/4/2021) lalu.

Akibatnya, terhitung hingga hari Sabtu (10/4/2021), masuk hari keempat, layanan listrik belum seperti biasanya alias dinyalakan secara bergiliran.

“Mesin ada tiga. Yang rusak dua, satunya masih bagus. Hanya satu, jadi kita nyalakan lampu bergiliran. Kalau Madi menyala sekarang, Enaro besok. Nanti begitu terus sampai dua mesin ini selesai diperbaiki,” kata Jitmoko, kepala mesin PLN Enarotali, kepada suarapapua.com, Sabtu (11/4/2021).

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

Jitmoko mengaku belum memperbaiki alat di kedua mesin yang rusak itu karena sedang dibelanja dan belum tiba.

“Kami baru bongkar luar dan dalam mesin saja. Kalau alat yang kami pesan sudah tiba, kami akan pasang dan langsung kembali nyalakan lampu seperti biasa. Kami belum bisa pastikan kapan nanti lampu menyala normal,” jawabnya.

Rusaknya kedua mesin itu, kata dia, akibat asap mesin yang keluar kembali masuk ke mesin dan bikin alat dalam mesin rusak. Itu dikarenakan gedung PLN kecil dan rendah, sehingga pembuangan asap tidak maksimal.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

“Untuk kali ini (rusak) karena asap. Biasanya itu karena air juga. Air dan asap selalu bikin dua mesin ini rusak. Apalagi umur dua mesin ini sudah tua,” jelas Jitmoko.

Yulius Magai, pegawai PLN Enarotali, mengatakan, solusi supaya lampu di Paniai aman, kedua mesin tersebut harus diganti baru.

“Dua mesin ini dulu Naftali Yogi yang beli waktu bupati. Coba bayangkan sudah berapa tahun. Harus ganti baru, sudah tidak layak. Lampu nanti begini-begini terus. Yang satu bagus ini PLN punya. Tidak pernah rusak karena baru beli.”

Baca Juga:  Dua Anak Diterjang Peluru, Satu Tewas, Satu Kritis Dalam Konflik di Intan Jaya

Kondisi ini menurutnya tidak bisa dibiarkan. PLN bersama pemerintah daerah harus berkoordinasi untuk beli mesin baru.

“Ya, harus kerjasama antara PLN dan pemerintah,” singkatnya.

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.