BeritaRibuan Mahasiswa Kehilangan Tempat Tinggal, Alumni Uncen Angkat Bicara

Ribuan Mahasiswa Kehilangan Tempat Tinggal, Alumni Uncen Angkat Bicara

SORONG, SUARAPAPUA.com — Septinus Meidodga, koordinator alumni Universitas Cenderawasih (Uncen) di provinsi Papua Barat, mengecam tindakan Rektor Uncen yang menggunakan kekuatan Polri dan TNI mendesak secara paksa mahasiswa tinggalkan asrama di Waena, kota Jayapura.

Menurutnya, sejak penggusuran asrama Uncen secara paksa beberapa waktu lalu oleh pihak Uncen dengan didukung aparat keamanan menyebabkan ribuan mahasiswa kehilangan tempat tinggal.

“Rektor Uncen harus bertanggungjawab untuk menyiapkan tempat tinggal. Kurang lebih 1000 mahasiswa-mahasiswi dari berbagai daerah yang menempuh pendidikan di Kota Jayapura hingga saat ini kehilangan tempat tinggal,” ujarnya melalui press release yang diterima suarapapua.com, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga:  MRP dan DPRP Fraksi Otsus se-Tanah Papua Minta Jokowi Terbitkan Perppu Hak Politik OAP

Septinus mengklasifikasi isu yang beredar tentang seluruh alumni Uncen mendukung tindakan Rektor Uncen yang diback-up aparat keamanan.

“Beberapa alumni mendukung tindakan rektor, tetapi banyak juga yang tidak mendukung. Artinya, tidak semua mendukung tindakan penggusuran asrama Uncen yang berdampak pada mahasiswa saat ini di Jayapura,” bebernya.

Thomas Syufi, salah satu alumni Uncen Jayapura, menyatakan, tindakan Rektor Uncen yang menggunakan kekuatan militer untuk menggusur asrama Uncen secara paksa merupakan tindakan tak terpuji.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

“Rektor Uncen jangan korbankan mahasiswa. Apalagi yang tinggal di asrama itu bukan hanya dari satu daerah, tetapi hampir sebagian besar dari luar Jayapura,” ujar Thomas.

Jika pihak rektorat terus mengabaikan mahasiswa, menurut dia, solidaritas alumni Uncen di Papua Barat akan menduduki kampus Uncen di Waena dan Abepura.

“Atas nama solidaritas alumni Uncen di provinsi Papua Barat peduli pendidikan akan mendukung mahasiswa-mahasiswi menuntut hak-hak mereka untuk mendapatkan tempat tinggal. Ini demi kemajuan sumber daya manusia (SDM) di Tanah Papua,” tegasnya.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Asrama Rusunawa Uncen digusur dengan menggunakan sejumlah alat berat, Jumat (21/5/2021). Anggota Polri dan TNI dilibatkan dalam penggusuran empat unit asrama di Waena yang dihuni mahasiswa. Penggusuran dilakukan lantaran para penghuni tak segera tinggalkan asrama.

Rektor Uncen Jayapura kabarnya sudah terbitkan surat yang ditujukan kepada mahasiswa untuk segera kosongkan asrama dengan alasan gedung tersebut hendak direnovasi oleh Panitia Besar PON XXI Papua. Setelah direnovasi akan dipakai sebagai tempat penampungan kontingen PON.

Pewarta: Reiner Brabar
Editor: Arnold Belau

Terkini

Populer Minggu Ini:

Manasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

0
“Saya sangat menyadari tantangan yang ada dan saya tahu bahwa terkadang hal ini dapat menjadi beban dan kesepian; namun saya yakin bahwa saya terhibur dengan kebijakan yang baik yang kami miliki dan solidaritas dalam koalisi kami.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.