BeritaFestival Film Papua ke-IV Siap Digelar di Jayapura

Festival Film Papua ke-IV Siap Digelar di Jayapura

SORONG, SUARAPAPUA.com — Perkumpulan Papuan Voices akan kembali menggelar festival film Papua (FFP) ke-IV dengan tema “Bergerak bersama merawat Tanah Papua”. Kegiatan ini bakal dilaksanakan di Jayapura, 7-9 Agustus 2021.

Bernard Koten, koordinator Papuan Voices, dalam siaran pers, Sabtu (29/5/2021), menjelaskan, berbagai cerita dan upaya untuk mempertahankan lingkungan, budaya, adat istiadat serta mengembangkan apa yang ada di dalam diri masyarakat adat Papua perlu untuk dipublikasikan.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

Menurutnya, kebenaran tentang Papua serta hal yang ada di tanah ini harus diabadikan dan diperlihatkan ke publik.

“FFP dimulai sejak tahun 2017 dan menjadi ruang bagi generasi muda Papua untuk berekspresi menceritakan Papua lewat film dokumenter,” kata Koten.

Kemunculan FFP menurutnya digagas generasi muda Papua yang cinta sekaligus peduli terhadap adat istiadat, cerita rakyat dan situasi Papua.

Sementara itu, Berto Yekwam, ketua panitia FFP IV saat ditemui suarapapua.com di Sorong, menyatakan siap menggelar kegiatan festival tersebut di ibu kota provinsi Papua.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

“Memang awalnya festival film ini direncanakan di Wamena, kabupaten Jayawijaya, pada tahun 2020 lalu. Tetapi tertunda karena pandemi Covid-19. Kami akan kembali adakan kegiatan ini di Jayapura,” kata Yekwam.

Pemuda asal Tambrauw ini mengaku berbagai kegiatan sudah disiapkan panitia, antara lain spirit Mambesak, workshop, kitong belajar bersama, kitong nonton, dan sesi diskusi.

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

Dalam pelaksanaannya selama tiga hari, ia tegaskan, panitia akan berlakukan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Yang pastinya kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam ajang ini akan ada berbagai kegiatan yang dilakukan Papuan Voices dari berbagai daerah, dan puncak kegiatan ini akan jatuh pada hari internasional masyarakat adat sedunia yakni tanggal 9 Agustus 2021,” jelas Berto.

Pewarta: Reiner Brabar
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.