BeritaJosse Maniagasi Dicoret, Nyong Ambon Langsung Tancap Gas

Josse Maniagasi Dicoret, Nyong Ambon Langsung Tancap Gas

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Ada yang berbeda dalam tubuh Persipura Jayapura, terutama ketika Boaz Solossa Dkk berujicoba dengan tim selevel Liga 1 Indonesia, Persik Kediri, Sabtu (5/6/2021) sore di di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur.

Beberapa nama pemain muda milik kesebelasan asal Kota Jayapura itu tak muncul dalam daftar pemain. Gunansar Papua Mandowen dan Ramai Melvin Rumakiek, misalnya. Kemana mereka?.

Menurut Jacksen F Tiago, pelatih kepala Persipura, Gunansar Mandowen tak bisa diturunkan dalam uji tanding kali ini karena sedang didera cedera ringan. Termasuk Ian Louis Kabes. Keduanya mengalami cedera sejak beberapa waktu lalu saat uji coba dengan Malang United di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Senin (31/5/2021) lalu.

“Ada dua pemain masih cedera. Ian Kabes dan Gunansar Mandowen. Ada juga pemain lain dengan kasus lain lagi. Ya, karena itu kita kehilangan beberapa pilihan dalam pertandingan tadi lawan Persik,” bebernya.

Jacksen berharap, Kabes dan Mandowen segera pulih dari cedera.

Kabes dan Mandowen menjalani proses latihan secara terpisah. Kabes cedera lutut, sedangkan Mandowen cedera hamstring.

“Harapan saya, dalam waktu dekat mereka sudah bisa kembali seperti semula dengan tim,” ucapnya.

Baca Juga:  Aktivitas Belajar Mengajar Mandek, Butuh Perhatian Pemda Sorong dan PT Petrogas

Bagaimana dengan Ramai Rumakiek?.

“Khusus Ramai (Rumakiek), semoga pertandingan lawan Persik dia ambil hikmah. Menjadi pribadi yang lebih baik. Nanti lawan Persita saya harap dia fokus dan sudah bisa diturunkan,” harap Jacksen.

Lepas Satu Pemain Muda

Sejak beberapa waktu lalu tersiar kabar, Persipura lepas salah satu pemain muda. Siapa?.

Ternyata, Josse Maniagasi.

“Sudah. Sudah pasti,” singkat pelatih asal Brasil ini mengomentari pencoretan pemain muda yang direkrut pertengahan Januari 2020 melalui seleksi terbuka di Lapangan PLTD Waena.

Alasan spesifiknya?.

Sang pelatih enggan berkomentar banyak.

“Ada kasus. Jelas ada kasus. Jelas ada kasus. Jelas ada. Saya rasa, Anda bisa berpikir kira-kira arah yang mana. Kamu orang kita, pasti tahulah,” Jacksen menjawab pertanyaan wartawan.

Sebelumnya, Persipura juga melepas salah satu pemain trial, Gustavo Suebu, mantan pemain PSBS Biak di Liga 2. Ramai Rumakiek dan Yusak Joshua Isir, dua pemain trial lainnya dipertahankan. Keduanya bahkan teken kontrak untuk membela Persipura di kompetisi Liga 1 maupun AFC Cup 2021.

Tambah Pemain Muda

Meski sejumlah pemain muda tak diturunkan dalam uji tanding dengan Persik Kediri, Irshan Rahman Lestaluhu, pemain muda berusia 21 tahun yang baru pekan ini dipinjam Persipura dari Borneo FC, langsung diturunkan sang pelatih.

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

Nyong Ambon asal Tulehu ini tampil apik bersama pemain asing anyar asal Brasil, Hendrique Marcelino Motta.

Jatuh hati dengan Irshan, Jacksen datangkan Irshan untuk menjadi pelapis Yustinus Pae di sektor wing back.

Selain itu, Persipura juga wacanakan untuk merekrut pemain asing lagi. Ini setelah Yevhen Bokhashvili, pemain asal Ukraina, sudah pasti segera bergabung. Yevhen kini sedang menjalani masa isolasi di Jakarta setelah melakukan perjalanan dari luar negeri.

Sejauh ini pelatih dan manajemen tim Mutiara Hitam masih merahasiakan nama dan posisi mana pemain incarannya untuk membela Persipura di kompetisi Liga 1 2021 maupun Piala AFC Cup.

Persipura menangkan uji tanding melawan Persik, 2-1. Dua gol lahir dari kaki Boaz Solossa.

Usai melakoni uji tanding ketujuh dengan salah satu kontestan Liga 1 Indonesia itu, Arvydas Ridwan Madubun, manajer Persipura, memastikan, tim Mutiara Hitam selanjutnya akan menjalani dua laga uji coba berikut.

Baca Juga:  ULMWP: Aneksasi Papua Ke Dalam Indonesia Adalah Ilegal!

Dua tim Liga 1 yang kabarnya telah memenuhi undangan Persipura adalah Persita Tangerang, dan Persib Bandung.

Madubun menjelaskan, laga Persipura kontra Persita akan digelar pada Minggu, 13 Juni 2021. Setelah itu tim kembali ke Jakarta. Setelah beberapa hari di ibu kota negara, tim Mutiara Hitam akan ke Bandung untuk menghadapi Persib. Laga ini dijadwalkan Sabtu (19/6/2021).

“Setelah uji tanding di Kediri, selanjutnya kami akan bergeser ke Jakarta untuk persiapan dua laga berikut.”

Selama di Jakarta, kata Madubun, skuat Persipura akan menjalani pemusatan latihan sambil menunggu konfirmasi dari AFC untuk penetapan venue pertandingannya. Piala AFC zona ASEAN rencananya akan dimulai akhir Juni ini.

“Singapura sudah mengundurkan diri sebagai tuan rumah, jadi kami akan konsentrasi di Jakarta. Selain latihan, ada dua pertandingan uji coba. Ini baik, sesuai planning tim pelatih bersama manajemen,” jelas Bento.

Di AFC Cup 2021, Persipura akan menghadapi tiga tim lain yang tergabung dalam Grup H. Antara lain, Saigon FC (Vietnam), Kedah Darul Aman FC (Malaysia), dan Lion City Sailors FC (Singapura).

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

DPD KNPI Tambrauw Gelar Rapat Pleno Satu untuk Kemajuan Pemuda

0
SORONG, SUARAPAPUA.com--- Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Tambrauw gelar Rapat Pleno I, sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) panitia Rapat...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.