BeritaRakyat Minta Pimpinan MSG Tetapkan West Papua Anggota Penuh MSG

Rakyat Minta Pimpinan MSG Tetapkan West Papua Anggota Penuh MSG

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Serogo Walela, ketua Komite Aksi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Wilayah Adat Lapago, meminta kepada para pemimpin Melanesia Spearhead Group (MSG) segera tetapkan status pemerintahan sementara West Papua sebagai anggota penuh MSG.

Dukungan rakyat West Papua untuk sidang para pemimpin MSG pada tanggal 15 – 17 Juni 2021 dan permintaan rakyat West Papua untuk keanggotaan penuh MSG itu disampaikan Serogo Walela usai ibadah bersama di salah satu kampung di kabupaten Jayawijaya, Minggu (13/6/2021) kemarin.

“Rakyat West Papua dari wilayah Lapago menggelar ibadah bersama dalam rangka mendukung penuh sidang para pemimpin MSG yang akan berlangsung dari tanggal 15 sampai 17 Juni 2021. Kami mendesak para pemimpin MSG agar segera menetapkan status pemerintahan sementara West Papua dalam hal ini ULMWP sebagai anggota penuh MSG,” ujar Serogo.

Baca Juga:  ULMWP Kutuk Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Tampak dalam kegiatan ibadah beberapa kertas bertulisan dukungan sesuai tema. Lembaran kertas tersebut dipegang masing-masing saat berlangsung ibadah hingga akhir yang ditutup dengan yel-yel “Papua for MSG” dua kali dan ditutup teriakan “Papua merdeka”.

Beberapa tulisan di kertas tersebut antara lain: Bring Back West Papua to the Melanesian Family; Melanesia is not free; West Papua for MSG; Full membership for West Papua.

Mama-mama Papua mendukung ULMWP menuju keanggotaan penuh MSG. (Onoy Lokobal – SP)

Salah satu hamba Tuhan saat membawakan khotbah singkat, menyatakan, perintah yang diturunkan Tuhan kepada Yosua setelah Musa meninggal dalam perjuangannya untuk membawa keluar bangsa Israel ke tanah Kanaan itu kini telah  jatuh kepada para pemimpin perjuangan West Papua menuju kemerdekaan dari tangan penjajah.

Baca Juga:  FPD Yahukimo Aksi di Kantor KPU Papua Pegunungan Tuntut Pleno Dibatalkan

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka (Yosua 1: 6),” baca hamba Tuhan.

Dengan berlandaskan kutipan ayat tadi, ia ingatkan kepada semua pejuang Papua merdeka agar selalu optimis sebab sudah pasti banyak upaya dari pihak lawan untuk menghalanginya.

“Dalam perjuangan ini harus tetap optimis. Biarpun banyak upaya dari kubu kolonial. Ada maksud Tuhan dan jelas ada waktu Tuhan yang baik yang telah ditentukan,” ucapnya mempertegas renungan.

Baca Juga:  Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen
Mama-mama Papua memegang pamflet berisi dukungan kepada ULMWP menuju keanggotaan penuh MSG. (Onoy Lokobal – SP)

Aksi dukungan tersebut dilakukan seturut seruan dari Departemen Politik Pemerintah Sementara West Papua, Bazoka Logo dari Port Numbay pada tanggal 12 Juni 2021.

Bazoka dalam suratnya meminta kepada seluruh pejuang dan rakyat West Papua agar memberi dukungan kepada pemerintah sementara West Papua (ULMWP) menuju keanggotaan penuh MSG.

“Berhubung tema pemerintah sementara negara West Papua menuju keanggotaan penuh MSG, maka saya berharap semua orang dan semua anggota perjuangan Papua Merdeka agar dapat melakukan dukungan nyata,” tulisnya.

Dukungan tersebut menurut Bazoka Logo, boleh dilakukan dengan berbagai bentuk mulai 12 Juni 2021 di tempat masing-masing.

Pewarta: Onoy Lokobal
Editor: Arnold Belau

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.