BeritaBupati Tolikara Berharap Pengerjaan PLTD Rampung Sebelum Desember 2021

Bupati Tolikara Berharap Pengerjaan PLTD Rampung Sebelum Desember 2021

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Pemerintah kabupaten Tolikara berkomitmen gandeng PLN Cabang Wamena bangun dan kelola Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas besar demi mempercepat peningkatan kapasitas mesin pembangkit listrik agar bisa melayani kota Karubaga dan sekitarnya.

Bupati Usman Genongga Wanimbo menyampaikan hal itu usai meninjau kegiatan penggusuran lokasi pembangunan kantor PLTD di kampung Kolengger, distrik Karubaga, Senin (18/7/2021). Bupati turut didampingi tim PLN Cabang Wamena.

PLTD yang dikelola langsung PLN Wamena, harap Usman, segera rampung sebelum bulan Desember 2021 agar menjadi hadiah Natal buat masyarakat di Karubaga dengan layanan lampu menyala 24 jam.

“Pemerintah dan masyarakat Tolikara khususnya Karubaga berharap lampu menyala 24 jam setiap hari karena mesin ganda yang akan digunakan untuk berfungsi menyala siang dan malam. Warga Karubaga memang sangat berharap agar PLN Wamena bersama pemerintah daerah berikan hadiah natal kepada masyarakat supaya pada Desember nanti lampu berkapasitas besar resmi menyala 24 jam,” tutur Usman.

Baca Juga:  Pj Gubernur Bersama Pj Bupati Launching Listrik Menyala 24 Jam di Tiom

Kebijakan ini menurutnya sudah direncanakan sejak beberapa tahun yang lalu, tetapi terkendala karena anggaran terbatas.

Selama ini layanan listrik di kota Karubaga belum memadai karena lampu dinyalakan bergilir lantaran kapasitas diesel rendah, sehingga tak mampu layani semua rumah.

“Saat ini kerja keras pemerintah daerah melalui kepala Dinas Perumahan, Imanuel Gurik, sudah gandeng Perusahaan Listrik Negara (PLN) Jayapura melalui PLN Cabang Wamena, sehingga sudah mulai bangun PLTD berkapasitas besar di Kolengger dengan ukuran tanah seluas 100×50 meter persegi,” jelas Usman.

Tanah tersebut aset daerah karena pemilik hak ulayat Bogum – Kogoya telah lepaskan secara resmi kepada pemerintah daerah dan Dinas Perumahan sedang mengurus sertifikat sebagai legalitasnya.

Bupati Tolikara bersama Kepala Dinas Perumahan Imanuel Gurik serta pimpinan OPD dan tim PLN Cabang Wamena tinjau lokasi pembangunan PLTD Tolikara di kampung Kolengger, Senin (18/7/2021) lalu. (Diskominfo Tolikara)

Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada PLN Jayapura melalui PLN Cabang Wamena yang terus menddukung keinginan pemerintah bersama masyarakat Tolikara khususnya Karubaga dan sekitarnya.

“Bangun PLN berkapasitas besar dalam waktu singkat memang tidak mudah karena sangat sulit mengingat topografi Tolikara khususnya Karubaga dan sekitarnya ini kita semua sudah tahu. Tetapi kita percaya dengan pertolongan Tuhan, komitmen ini pasti dimudahkan dan bisa rampung segera supaya harapan pemerintah dan masyarakat segera terwujud,” ucap Usman.

Baca Juga:  Korban Bencana Alam Distrik Soloikma dan Silimo Akui Terima Bantuan Dari Mahasiswa Sorong

Untuk itu, bupati mengajak warga Tolikara berdoa kepada Tuhan agar petugas PLN diberikan kekuatan dalam mengerjakan kegiatan bisa berjalan lancar dan sukses.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada warga kampung Kolengger, om-om saya sudah kasih tanah adat seluas 100×50 meter persegi, sehingga PLN rancang pembangunan dengan mudah dan bebas yang bisa memenuhi standar,” kata Wanimbo.

Sementara itu, Jef Auparai dari PLN Cabang Wamena, menyampaikan apresiasi kepada bupati Tolikara yang berkomitmen kuat untuk membangun PLTD berkekuatan besar agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Tolikara khususnya di kota Karubaga.

Auparai mengatakan, permintaan bupati mengenai target pekerjaan tuntas sebelum Desember 2021 akan diusahakan semampunya dengan catatan harus didukung masyarakat setempat karena lokasi termasuk fasilitas pendukung telah disiapkan pemerintah daerah.

Baca Juga:  Masyarakat Nduga Tertekan Konflik Berkepanjangan, Begini Saran Anggota DPRP

“Harapan bapak bupati untuk berikan kado natal pada bulan Desember harus menyala ini semoga bisa terwujud. Kami dari PLN Wamena siap dukung. Saya senang sekali karena masyarakat sangat antusias dengan kehadiran PLTD ini,” tuturnya.

Imanuel Gurik, kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman kabupaten Tolikara, mengaku selalu mendukung penuh visi dan misi bupati di segala bidang, termasuk layanan listrik yang siap dikerjakan di Kolongger.

“Salah satu misi di masa kepemimpinan bupati Usman adalah Tolikara terang. Saat ini lahan sudah disiapkan untuk bangun PLTD berkapasitas besar. Itu buktinya. Kami berharap ini dikerjakan dengan aman sampai selesai nanti,” kata Gurik.

Gurik memastikan semua fasilitas berupa lahan, mesin diesel, tempat penimbunan BBM, rumah mesin, rumah petugas PLN serta jaringan listrik meteran dan lainnya telah disiapkan Pemkab Tolikara.

“Setelah ini rampung, untuk pengelolaannya nanti diserahkan ke PLN Cabang Wamena,” katanya sembari menambahkan, rumah-rumah akan dipasang meteran prabayar.

Pewarta: Onoy Lokobal
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Satu Anggota TNI AL Diduga Tembak Diri di Markas Lantamal XIV...

0
Anggota TNI AL berinisial SO diduga mengakhiri hidupnya dengan cara tembak diri, Minggu (7/7/2024). Sempat dilarikan ke RSAL Oetojo Sorong, namun tak tertolong.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.