Komnas TPNPB-OPM Tuding Demianus Magay Yogi Lakukan Kudeta Militer Revolusi  

0
2586

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komando Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (Komnas TPNPB-OPM) menegaskan Demianus Magay Yogi telah melakukan upaya kudeta kepemimpinan militer West Papua.

Pernyataan ini disampaikan Sebby Sambom, dari Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM menanggapi KTT ke-1 yang digelar Paniai baru-baru ini.

Pada 13 Agustus lalu, Jubi memberitakan bahwa Demianus Magay Yogi terpilih menjadi Panglima Tertinggi TPN-PB OPM West Papua pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) I di Paniai. Kegiatan itu dilakukan dari tanggal 9 – 12 Agustus dan pada 13 Agustus Yogi dikukuhkan.

Baca Juga:  Aksi Hari Aneksasi di Manokwari Dihadang Aparat, Pernyataan Dibacakan di Jalan

Dasar KTT I digelar di Paniai menurut pemberitaan Jubi adalah instruksi dari Badan Pertahanan United Liberation Movement of West Papua (ULMWP).

Menanggapi kegiatan tersebut, Komnas Pusat TPNPB-OPM menolak dengan tegas KTT ke-1 yang digelar Demianus Magay Yogi.

ads

Komnas TPNPB-OPM menganggap kegiatan tersebut sebagai upaya kudeta kepemimpinan militer revolusi West Papua.

“Itu namanya kudeta militer revolusi. Jadi, Komnas TPNPB-OPM menolak kudeta militer revolusi yang dimainkan oleh Demianus Magay Yogi. Kami bisa curigai bahwa mereka itu adalah agen Indonesia untuk hancurkan persatuan militer TPNPB OPM yang eksis memperjuangkan hak politik penentuan nasib sendiri bagi bangsa Papua,” tegas Sebby.

Baca Juga:  Danramil 1703-04/Aradide Ditemukan Tewas, TPNPB Akui Bertanggungjawab

Sambom kembali menegaskan, Panglima tertinggi revolusi di West Papua adalah Gen. Goliat Tabuni yang dinobatkan dalam KTT TPNPB OPM di Biak pada Mei 2012.

“Itu sudah sah dan diakui dunia. Jenderal Goliat Tabuni adalah pimpinan tertinggi militer revolusi West Papua. Oleh Karena itu, management markas pusat Komnas TPNPB-OPM tolak klaim Demianus Magay Yogi,” tambahnya.

Kata Sebby, Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM yang berhak untuk gelar KTT setelah lakukan penyusunan program dan perencanaan yang matang.

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

“Yang bisa buat KTT TPNPB OPM itu manajemen markas pusat Komnas TPNPB-OPM. Demianus Magay Yogi tidak punya hak untuk bikin KTT TPNPB OPM. Sidang istimewa. Untuk ganti Panglima pun bisa dilakukan oleh Management Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM. Jadi, kami sudah simpulkan bahwa kelompok Demianus Magay Yogi mereka diperalat oleh orang-orang yang merupakan agen Indonesia,” tegasnya.

Dari informasi yang dihimpun suarapapua.com, peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah anggota ULMWP yang ada di beberapa wilayah.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaTPNPB Klaim Telah Menembak Mati Satu Anggota TNI di Distrik Gome
Artikel berikutnyaBebaskan Victor Yeimo Sang Pemimpin Rakyat Terjajah