BeritaPeduli Lansia, Bupati Tolikara Launching Program JOSHUA

Peduli Lansia, Bupati Tolikara Launching Program JOSHUA

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Pemerintah Kabupaten Tolikara secara resmi me-launching program unggulan JOSHUA (Jaminan Sosial Hari Tua) kepada 10 orang lanjud usia (Lansia).

Launching yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis kartu JOSHUA dan buku tabungan itu dilakukan oleh Bupati Usman G. Wanimbo kepada 10 orang Lansia) di Aula Bappeda Igari, Karubaga, Kamis (19/8/2021).

Bupati Wanimbo dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara sangat peduli terhadap pembangunan SDM masyarakat asli Papua.

Oleh sebab itu selain program Joshua, pihaknya juga fokus pada program 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK), sekolah unggul berpola asrama dan prioritas jabatan ASN putra daerah.

“Program JOSHUA merupakan sebuah wujud kepedulian kami Pemda terhadap para orang tua yang sudah lanjut usia. Kami bekerja sama dengan bank Papua untuk memberikan bantuan dana sebesar 500 ribu rupiah setiap bulan kepada masyarakat asli Papua yang berusia 60 tahun ke atas (Lansia), yang tersebar di seluruh Tolikara,” ujar Bupati Wanimbo.

Katanya, program JOSHUA mulai berjalan sejak Januari 2021. Oleh karena itu di bulan Agustus setiap peserta JOSHUA menerima bantuan 4 juta. Bantuan disalurkan melalui bank Papua cabang Karubaga, Kantor Kas Bank Papua Bokondini dan Kantor Kas Bank Papua Kanggime.

“Terima kasih kepada Bank Papua yang telah bersedia bekerja sama dengan Pemkab Tolikara dalam mewujudkan program unggulan JOSHUA ini,” ucap Bupati Wanimbo.

Mewakili seluruh Lansia penerima program Joshua, Yarius Kogoya sambil menitikan air mata mengucapkan syukur kepada Tuhan yang telah membuka hati Bupati Wanimbo untuk membantu mereka yang sudah tidak kuat bekerja.

“Saya asal distrik Goyage. Terima kasih kepada anak bupati atas program mulia ini. Anak bupati terus lanjutkan program ini. Siapapun yang menggantikan Bupati Wanimbo, kami harap program ini tetap ada,” harap Yarius Kogoya.

Serupa disampaikan Ketua Klasis Konda, Pdt.Agus Kogoya Usai menerima Kartu JOSHUA dan buku tabungan, ia memberikan apresiasi kepada Pemda Tolikara yang saat ini, karena tidak semua pemimpin bisa melakukan sebuah terobosan seperti yang dilakukan Bupati Wanimbo.

“Saya sangat terharu ketika pemerintah perhatikan kami orang tua. Terima kasih bapak bupati Wanimbo. Program JOSHUA ini sangat luar biasa. Ini baru pertama kali sejak Kabupaten Tolikara ini berdiri. Tidak semua pemimpin bisa dilakukan hal ini,” ujar Pdt. Agus Kogoya.

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

Lenas Gire, Anggota DPRD Tolikara juga mengapresiasi Bupati Wanimbo atas peluncuran program JOSHUA.

“Kekuatan orang tua sudah menurun, mereka tidak mampu berkebun. Apalagi anaknya masih kuliah, tentu menjadi beban pikiran. Karena itu program yang ini patut didukung oleh semua pihak, terutama DPRD Tolikara sebagai pengawas dan pengontrol program pemerintah. Kita punya orang tua yang tidak kuat sebagian sudah duluan pergi, sebagian yang ada ini patut kita bantu mulai dari kota Karubaga hingga di pelosok seluruh Tolikara,” pungkasnya.

Baca Juga:  Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen

 

 

Pewarta: Onoy Lokobal

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kapolres Sorong Kota Didesak Proses Hukum Pelaku Pengeroyokan Casis Polri

0
"Akibat tindakan main hakim sendiri, saudara Zet Asikasau menderita sakit pada muka bagian depan (rahang) sebelah kiri, kepala bagian depan sebelah kiri, dan terdapat luka di bagian dada sebelah kiri, baju miliknya juga robek akibat peristiwa tersebut," jelas Ambrosius Klagilit.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.