PasifikKomite Papua Barat Vanuatu Tunjuk Ketua Baru Menggantikan Pdt. Allen Nafuki

Komite Papua Barat Vanuatu Tunjuk Ketua Baru Menggantikan Pdt. Allen Nafuki

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Komite Persatuan Papua Barat Vanuatu atau Vanuatu West Papua Association and Unification Committee (VWPAUC) yang berkantor di Port Villa Vanuatu akhirnya memilih ketua baru setelah mendiang Pdt. Allen Nafuki, Ketua VWPAUC meninggal dunia pada 13 Juni 2021.

“Sejak mendiang pendeta Allen Nafuki, Ketua Vanuatu West Papua Association meninggal dunia belum menunjuk ketua [baru]. Sehingga hari ini kami berhasil menunjuk ketua baru dan dewan di ruang kepala Pemerintah Provinsi Shefa yang diselenggarakan oleh Sekertaris Umum untuk Shefa, Hon. Morris Kaloran sebagai provinsi yang telah diadopsi sebagai provinsi Papua Barat,” jelas Ranbels Genebis, aktivis West Papua di Port Villa, Vanuatu kepada suarapapua.com, Jumat (8/10/2021).

Baca Juga:  KBRI dan Universitas Nasional Fiji Gelar Seminar Perspektif Kolaborasi yang Lebih Dekat

Ranbels menjelaskan bahwa ke depan Gubernur Provinsi Shefa akan mengakui pemerintahan profesional Papua Barat yang disetujui dari pemerintahan provinsi ke pemerintahan nasional.

“Jika ada masalah Papua barat maka akan diangkat untuk didiskusikan. Ke depan akan lebih banyak hal lain yang akan dilakukan,” tukas Ranbels.

Selain itu, ia juga menyebutkan nama ketua baru VWPAUC dan pengurus yang telah dipilih mengantikan Pdt. Allen Nafuki yang telah meninggal dunia.

Baca Juga:  Diperkirakan Akan Ada Banyak Demonstrasi di Kaledonia Baru

Ketua I             : Penatua Job Dalesa
Wakil Ketua II    : Peter Ranbel
Wakil ketua III   : Laisakia
Sekretaris         : Viviane

Mendiang Pdt. Allen Nafuki selain Ketua VWPAUC, ia sempat menjabat Ketua Gereja Presbytarian Vanuatu dan Dewan Gereja-Gereja Kristen di Vanuatu.

Ia meninggal pada tanggal 13 Juni 2021 di Port Villa Vanuatu. Waktu itu, United Liberation Movement for West Papua dan Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua mengirimkan surat ucapan berbelasungkawa.

Baca Juga:  Mantan PM Fiji Frank Bainimarama Dipenjara

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Manajemen PSBS Biak Kontrak Pelatih Anyar Mantan Pemain Real Madrid

0
"Sudah kami pastikan, Juan Esnaider adalah pelatih PSBS Biak. Dia pelatih berpengalaman. Kami yakin pelatih kepala yang baru ini akan berkontribusi buat tim Badai Pasifik tetap eksis di kompetisi Liga 1 nanti," kata Mandenas menjawab konfirmasi Suara Papua, Senin (13/5/2024) siang.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.