Baru Pertama, Pejabat Daerah Hadir di Tengah Mahasiswa Intan Jaya

0
936

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kegiatan pembekalan dan perkenalan mahasiswa baru (PPMB) tahun akademik 2021/2022 yang diadakan Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Intan Jaya (IPMIJ) kota studi Jayapura, Sabtu (9/10/2021), terasa sangat istimewa karena dihadiri salah satu pejabat daerah.

Yoakim Mujizau, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) kabupaten Intan Jaya, hadir dan membuka secara resmi kegiatan PPMB IPMIJ di Asrama Mahasiswa Intan Jaya, jalan raya Expo-Buper, Waena, Kota Jayapura.

Dalam sambutan dan penyampaian materi, Yoakim menyampaikan sejumlah hal penting sebagai bekal bagi generasi muda harapan masa depan yang sedang mengenyam pendidikan di sejumlah perguruan tinggi di ibu kota provinsi Papua.

“Saya ucapkan terima kasih atas undangan dari panitia yang dikirim ke pemerintah kabupaten Intan Jaya. Pada kesempatan ini seharusnya yang hadir adalah kepala bagian Kesra, karena ini tupoksinya. Tetapi terima kasih yang setinggi-tingginya saya ucapkan karena kepercayaan kalian, saya boleh hadir di sini,” tuturnya.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Yoakim kemudian menyarankan mahasiswa Intan Jaya lebih aktif mengikuti seluruh materi yang diberikan dalam PPMB ini. Baginya, proses pembekalan dan pengenalan merupakan suatu agenda wajib setiap tahun yang tentunya bertujuan baik dan berguna pada waktunya.

ads

“Saya minta adik-adik mahasiswa bisa terima materi dengan  baik lalu dicamkan karena ini akan berguna di kemudian hari,” kata Mujizau dalam sambutannya.

Berbagai kegiatan ilmiah, lanjut mantan Kabag Humas Setda Intan Jaya ini, memang melekat dengan status mahasiswa sebagai bagian tak terpisahkan dalam rangka pembentukan karakter generasi penerus.

“Bagaimana mencetak kader yang cerdas dan mampu di bidangnya adalah satu tugas penting yang harus dilakukan selama proses pendidikan berlangsung. Menyiapkan generasi berbobot akan sangat dirasakan setelah selesaikan seluruh pendidikan dan pulang kampung,” ujarnya.

Baca Juga:  Sikap Mahasiswa Papua Terhadap Kasus Penyiksaan dan Berbagai Kasus Kekerasaan Aparat Keamanan

Karena itu, setiap peluang yang ada diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menyiapkan diri lebih dini sebagai bekal di kemudian hari.

“Adik-adik ini nantinya menggantikan kami yang sekarang sedang bekerja di daerah maupun provinsi. Dari sekarang siapkan diri, bekali dengan berbagai ilmu dan pengetahuan,” pesan Mujizau.

Yanuarius Weya, ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Intan Jaya kota studi Jayapura, mengatakan, sejumlah materi diberikan dalam kegiatan pembekalan dan perkenalan mahasiswa baru sebagai bekal selama proses perkuliahan.

“Ini inisiasi dari organisasi IPMIJ. Ada beberapa materi termasuk uji mental, itu bekal sebelum memasuki dunia kampus dan di mana saja sebagai mahasiswa,” jelasnya.

Weya juga akui sejak tahun 2012 belum pernah ada pejabat daerah yang mengunjungi langsung anak-anak Intan Jaya di kota studi Jayapura saat kegiatan seperti yang dilakukan saat ini.

Baca Juga:  Situasi Paniai Sejak Jasad Danramil Agadide Ditemukan

“Kami merasa dihargai sebagai anak-anak asli Intan Jaya dengan kehadiran kepala DPMK yang telah datang membuka kegiatan dan memberikan materi kepada anggota IPMIJ.”

Sementara, Marianus Wamang, ketua panitia PPMB IPMIJ mengapresiasi pemerintah Intan Jaya beserta para senior yang ini anggota DPRP dan MRP atas dukungan nyata menyukseskan kegiatan pembekalan mahasiswa baru tersebut.

“Saya akui kali ini ada bantuan moril dan materil dari senior-senior Intan Jaya. Terlebih khusus juga pemerintah daerah melalui bapak kepala DPMK yang sudah mendukung kami untuk mengadakan kegiatan ini,” tutur Marianus.

Kegiatan PPMB IPMIJ tahun ini bertema “Belajar untuk memimpin karena masa depan sungguh ada” (Amsal 23:18), dengan sub tema “Melalui kegiatan pembekalan dan perkenalan ini, generasi muda Intan Jaya diajak untuk menyiapkan dirinya di era globalisasi sebagai bekal masa depan”.

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Markus You

Artikel sebelumnyaHIPMY Manado Menerima Mahasiswa dan Pelajar Baru
Artikel berikutnyaMarkus Ajak Mahasiswa Kurima Menyuarakan Papua Dengan Bolpoin dan Buku